Nicholas Sabet Medali Emas

MENANG: Atlet Taekwondo peraih medali emas Nicholas Armanto (tengah) foto bersama Ketua KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan (kedua kanan) beserta pengurus KONI Kota Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, JAYAPURA – Atlet Taekwondo asal Kota Bekasi Nicholas Armanto sukses memboyong medali emas untuk Jawa Barat di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Nicholas yang turun di kelas over 87 kilogram berhasil menaklukan atlet Jawa Tengah Ade Kumara dengan skor 16-14 di GOR Politeknik Penerbangan Kayubatu, Kota Jayapura, Selasa (5/10).


Sebelum lolos ke partai final, Nicholas lebih dahulu melewati babak penyisihan berhadapan dengan atlet Jawa Timur Rizky Anugerah Prasetyo dengan skor akhir 32-30. Semifinal, Nicho menang TKO dari atlet Provinsi Riau, Galuh yang mengalami cedera, hingga memastikan langkah Nicholas ke partai final.

Dengan raihan tersebut atlet Kota Bekasi total sudah menyumbangkan empat medali emas untuk Jawa Barat. Pertama oleh Nurmeni dan Ratih di Cabor Dayung, medali emas kedua dan ketiga oleh Nur Sa’adah dan Shandy Moleong di Cabor Muay Thai.


”Hari ini (kemarin) satu medali emas diraih atlet Taekwondo Nicholas Armanto, total sudah empat medali emas diraih atlet Kota Bekasi,”ujar Ketua KONI Kota Bekasi Abdul Rosyad Irwan kepada Radar Bekasi, Selasa (5/10).

Pria yang akrab disapa Yan Rasyad ini menyaksikan langsung atletnya berlaga di Papua. Untuk medali perak dan perunggu dijelaskannya juga sudah banyak dikoleksi atlet Kota Bekasi di Cabor Sepatu Roda, Panjat Tebing, Cricket, Judo, Dayung dan Muay Thai. Diakuinya peluang medali masih bisa diraih di beberapa cabor. ”Masih ada peluang medali di Cabor Layar, Biliar, Angkat Besi dan Angkat Berat,”pungkasnya.

Terpisah, Ketua Taekwondo Indonesia (TI) Kota Bekasi, Arwani menegaskan, prestasi membanggakan akhirnya diukir atlet Taekwondo Kota Bekasi, Nicholas di ajang PON. Pasalnya Taekwondo kerap menyumbangkan atlet di ajang PON namun baru kali ini berhasil menyabet medali emas.

”Kita sering sumbang atlet PON untuk kontingen Jawa Barat. Tapi baru kali ini sukses dapat medali emas PON. Prestasi sebelumnya paling tinggi atlet Kota Bekasi dapat medali perak,”ujar Arwani.

Raihan tersebut juga menjadi modal TI Kota Bekasi untuk mengamankan target medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022 mendatang. Mengingat, Nicholas yang juga tercatat sebagai atlet Pelatnas SEA Games 2022 ini juga diproyeksikan meraih medali emas di Porprov Jabar. ”Selaku ketua pengcab kami mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Bekasi dan KONI Kota Bekasi yang telah mendukung secara riil atlet Taekwondo di ajang PON Papua,”pungkasnya. (one)