Kabar Baik untuk Pejuang Rupiah, MRT Beroperasi Mulai Pukul 05.00 WIB

Pesepeda menaiki rangkaian MRT di Stasiun MRT Bundaran HI dalam rangka melakukan uji coba di Jakarta, Senin (22/3). Foto: Jawa Pos.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Para pejuang rupiah di Jakarta saat ini bisa menggunakan jasa MRT lebih pagi. Menyusul perubahan waktu operasional yang dilakukan PT MRT Jakarta dengan mempercepat jam keberangkatan kereta pertama pada pukul 05.00 WIB pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat.

Pelaksana Tugas (Plt) Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menjelaskan, kebijakan yang berlaku mulai Kamis (7/10) ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 414 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3.


“Sehubungan dengan hal tersebut, jam operasional Senin-Jumat atau jari kerja pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB,” kata Ahmad Pratomo di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya diketahui, jam operasional MRT baru dimulai pukul 06.00 WIB. Dengan adanya penyesuaian PPKM Level 3, jam operasional MRT dipercepat menjadi pukul 05.00-21.30 WIB pada Senin sampai Jumat. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur pukul 06.00-21.30 WIB.


Sementara itu, jarak antarkereta (headway) setiap 5 menit untuk jam sibuk pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB. Kemudian tiap 10 menit di luar jam sibuk pada hari kerja. Jarak antarkereta pada akhir pekan dibatasi setiap 10 menit.

Adapun pembatasan jumlah penumpang masih dengan ketentuan kapasitas maksimal 65 orang per kereta.

“MRT Jakarta melakukan penyesuaian atas kebijakan operasional yang berlaku sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan COVID-19 dengan mewajibkan penumpang untuk melakukan pemindaian QR Code melalui aplikasi JAKI atau PeduliLindungi,” kata Ahmad. (wsa)