Kabupaten Bekasi Sumbang 36 Medali Emas

ISTIMEWA/RADAR BEKASI PERAIH EMAS: Ketua KONI Kabupaten Bekasi, Reza Lutfi foto bersama Fadlan, atlet renang peraih medali emas di PON XX Papua 2021.

RADARBEKASI.ID, JAYAPURA – Kabupaten Bekasi berhasil menunjukkan tajinya pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Sebanyak 36 medali emas, 21 perak dan 28 perunggu disumbangkan atlet Kabupaten Bekasi hingga Rabu (13/10).

 


Bahkan, raihan medali emas masih berpeluang disumbangkan atlet Kabupaten Bekasi yang akan berlaga di laga akhir jelang penutupan Kamis (14/10).

 


”Sampai dengan malam ini (semalam), anak (atlet) Kabupaten Bekasi ikut menyumbang 36 medali emas, 21 perak dan 28 perunggu. Doain besok (hari ini) ada target dua medali emas lagi,”ujar Ketua KONI Kabupaten Bekasi, Reza Lutfi kepada Radar Bekasi, Rabu (13/10).

 

Reza menambahkan cabang olahraga yang masih berpeluang menambah medali ada di cabor renang, angkat berat, billiard, atletik dan karate. ”Cabor-cabor itu masih punya kesempatan tambah medali,”tambahnya.

 

Sebelumnya, Reza menuturkan, Kabupaten Bekasi diminta berperan besar mendukung target Juara Umum Jawa Barat pada perhelatan olahraga empat tahunan ini.

 

KONI Jawa Barat berharap besar pada tingkat koni kota dan Kabupaten. Termasuk pada Kabupaten Bekasi, yang dibebankan meraih medali diatas 50 persen dari target Jawa Barat. Maka, kata dia, dukungan dan support yang diberikan akan menambah spirit bagi atlet.

 

“Upaya dan dukungan, dari KONI Kabupaten Bekasi, kita support maksimal. Selain pembinaan juga kasih support untuk uang saku berangkat PON. Begitupun saat porda 2022 nanti. Kita berharap juga, agar atlet diberikan pekerjaan. Semuanya atlet kebanggan kita. Dukungan menambah spirit, kami butuh banget dukungan dan do’a Kabupaten Bekasi,” tegasnya.

 

Sementara, Bidang Pusat Pengolahan Data (Pulahta) KONI Jawa Barat (Pulahta), Gunaryo menegaskan, beberapa cabang olahraga yang akan mengokohkan Jawa Barat tampil sebagai juara umum PON XX/2021 diantaranya, Karate dengan target dua emas. Tinju dengan empat finalis dan diharapkan merebut dua emas. Catur diprediksi akan meraih dua emas. Biliar dua emas dan Angkat Berat berpotensi  bisa meraih dua emas.

 

Jadi, kata Gunaryo, jika beberapa cabang olahraga tersebut mampu memenuhi targetnya hingga rabu kemarin, maksimal medali emas akan memperkokoh klasemen hingga 10 sampai 12 emas.

“Seperti itulah kalkulasinya, sedikitnya kita mampu meraih 10-12 medali emas tambahan maka kita  bisa terbanyak dan tidak tergeser oleh kontingen lain,” ujarnya seperti dikutip konijabar.or.id.

 

Hingga semalam, Jawa Barat masih bertengger di posisi pertama dengan Raihan 125 medali emas, 97 perak dan 114 perunggu. Disusul Jawa Timur dengan 106 medali emas, 86 perak dan 80 perunggu. Sementara posisi ketiga ada DKI Jakarta dengan 100 medali emas, 87 perak dan 96 perunggu. Sementara tuan rumah Papua berada di posisi keempat dengan 88 medali emas, 61 perak dan 99 perunggu.

 

“Yang pasti Jawa Barat hari Rabu ini (kemarin) punya peluang dari beberapa cabang olahraga yang tadi kita sebutkan,” pungkasnya. (one/net).