Berita UtamaPolitik

Libatkan Katar Awasi Pemilu

KERJASAMA : Komisioner Bawaslu Kota Bekasi saat foto Bersama dengan anggota Karang Taruna Kota Bekasi usai melakukan penandatanganan kerja sama.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi, menggandeng sejumlah elemen masyarakat untuk ikut mengawasi Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang. Salah satunya yakni anggota karang taruna (Katar).

“Jadi, Bawaslu memang butuh banyak sekali pihak guna bersama-sama dalam melakukan pengawasan pemilu, karena kami memiliki keterbatasan SDM dalam mengawal proses ini dalam waktu yang panjang. Apalagi yang diawasi juga cukup banyak, sehingga butuh dukungan dan bantuan sejumlah pihak yang khususnya dari organisasi masyarakat demi sama-sama wujudkan demokrasi berkualitas di Kota Bekasi,” kata Ketua Bawaslu Kota Bekasi Choirunissa Marjoeki.

Menurutnya,Β  Karang Taruna yang merupakan sebuah organisasi kepemudaan nonpartisan, dimana hadir dan tumbuh atas dasar kesadaran, serta rasa tanggung jawab sosial. Selain itu keanggotaan Karang taruna juga ada sampai tingkat RT/RW, sehingga ini dinilai menjadi stakeholder yang strategis di dalam proses menjalani tugas bawaslu pada penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

“Artinya, Bawaslu Kota Bekasi menilai Karang Taruna ini sebagai stakeholder yang sangat strategis perannya untuk bantu tugas dalam keterlibatannya pengawasan partisipatif dari masyarakat, khususnya buat merangkul para milenial di wilayah Kota Bekasi,” ungkapnya.

Nisa menyebut, dalam kerjasama yang terjalin bersama Karang Taruna ini sesuai yang tertuang dalam MoU kerjasama yakni dalam bentuk kegiatan pendidikan politik dan pengawasan partisipatif. Adapun masa kerjasama ini tertuang sampai 2 tahun kedepan sejak ditandatangani, namun masa kerjasama ini bisa diperpanjang kembali.

“Dengan kerjasama ini kami mengharapkan bisa terjalin dengan baik demi memperoleh hasil Pemilu dan Pilkada yang berkualitas di Kota Bekasi. Dan sejauh ini, kita sudah jalin kerjasama dengan empat organisasi ataupun Lembaga pendidikan, seperti IBM, Unisma, Peradilan, dan terakhir saat ini Karang Taruna Kota Bekasi,” Imbuhnya.

“Dan kami pastikan masih sangat mungkin buat menjalin kerjasama dengan kelompok atau organisasi lainnya guna berkolaborasi dalam peningkatan pengawasan partisipatif pada Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang,” pungkasnya.Β  (mhf)

Related Articles

Back to top button