Bekasi

Dewan Ini Pertanyakan Pelantikan Dirut PDAM TP Solihat

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR-Pelantikan Solihat sebagai Direktur  Utama Perumda Tirta Patriot (TP) untuk periode kedua, menyisakan pertanyaan di kalangan Anggota DPRD Kota Bekasi. Pasalnya, Solihat dinilai gagal memimpin perusahaan air bersih milik BUMD Kota Bekasi tersebut.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Bekasi Nicodemus Godjang mengaku heran dengan Wali Kota Rahmat Effendi yang tetap melantik Solihat untuk periode kedua. Padahal, dalam pandangan politisi Kalimalang ini, Solihat kinerjanya pada periode pertama sangat tidak efektif.

“Dapat dikatakan, kepemimpinan Solihat di Tirta Patriot itu gagal. Target-target yang dicanangkan wali kota tidak terpenuhi. Ada apa ini, kok mau-maunya wali kota memilih dan melantik dia lagi,” ungkap dewan Dapil Bekasi Timur-Bekasi Selatan ini.

Nico, biasa disapa mengungkapkan sejumlah kegagalan Solihat selama memimpin Perumda Tirta Patriot. Di antaranya, soal pemisahan Tirta Patriot dan Tirta Bhagasasi gagal, jumlah pelanggan hanya sekitar 10.000-an, diduga ada kebocoran di unit Jatisari.

“Target pemisahan antara Tirta Patriot dengan Tirta Bhagasasi sampai sekarang tidak terealisasi,” ujar Nico lagi.

Soal jumlah pelanggan baru, anggota Komisi 1 ini juga mempertanyakan karena selama empat tahun kepemimpinan Solihat pelanggan baru hanya tercapai 10.000-an saja.

“Kalau dibagi rata empat tahun saja, itu jumlah pelanggan barunya hanya sekitar 2.500-an. Kecil sekali dibandingkan potensi dari penduduk Kota Bekasi yang mencapai 2,5 juta,” kritik Nico.

Lebih jauh, kata Nico, diduga terjadi kebocoran di unit Jatisari. “Hasil audit BPK disinyalir terjadi kebocoran anggaran yang berpotensi merugikan keuangan daerah,” imbuh politisi ini.

Buntut sejumlah kegagalan itu, lanjut Nico, tidak ada kesejahteraan yang dinikmati pegawai Perumda Tirta Patriot selama kepemimpinan Solihat. “Bagaimana mereka mau naik gaji, kenaikan jumlah pelanggannya saja sangat kecil,” tandas Nico.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kembali melantik Solihat untuk kedua kalinya sebagai Dirut Perumda Tirta Patriot periode 2021-2026. Pelantikan dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (10/11).

Dalam pesannya kepada Solihat selaku dirut, Wali Kota Rahmat Effendi meminta Perumda Tirta Patriot meningkatkan cakupan layanan air bersih ke pelanggan di wilayah Kota Bekasi. (zar)

 

 

Related Articles

Back to top button