BolaOlahraga

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa: Spanyol Kunci Tiket ke Qatar

RADARBEKASI.ID,SEVILLA – Tim nasional Spanyol maju ke putaran final Piala Dunia 2022 seusai mengunci kemenangan 1-0 atas Swedia dalam laga pemungkas Grup B kualifikasi zona Eropa di Stadion La Cartuja, Sevilla, Senin (15/11) WIB.

Alvaro Morata menjadi pahlawan Spanyol itu dengan gol dramatis empat menit jelang bubaran waktu normal.

Berawal dari tembakan jarak jauh spektakuler Dani Olmo yang membentur mistar gawang, bola muntah berhasil disambar secara sigap oleh Morata untuk memperdaya kiper Robin Olsen dengan sontekan jarak dekat.

Kemenangan itu pantas diraih Spanyol yang memang tampil dominan dengan 72 persen penguasaan bola sepanjang laga dan melepaskan 12 percobaan tembakan yang empat di antaranya menemui sasaran.

Swedia bukannya tanpa perlawanan, sebab mereka berusaha delapan kali melakukan delapan tembakan tapi sayang tak satu pun tepat sasaran ke gawang tuan rumah.

Hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket putaran final, Spanyol memantapkan langkah mereka dengan menjuarai Grup D berbekal koleksi 19 poin.

Sementara Swedia finis sebagai runner-up Grup D dengan 15 poin dan harus melalui fase playoff bila ingin menyusul Spanyol ke Qatar.

Pertandingan di Grup B lainnya, tuan rumah Yunani ditahan imbang Kosovo 1-1 di Stadion Olimpiade Athena.

Yunani memimpin lebih dulu semenit jelang turun minum lewat gol Giorgos Masouras, tetapi tim tamu mampu membalas lewat sontekan jarak dekat Amir Rrahmani pada menit ke-76.

Kendati demikian, posisi kedua tim tak berubah di klasemen akhir Grup D. Yunani menempati urutan ketiga dengan 10 poin dan Kosovo tetap sebagai juru kunci dengan lima poin.

Fase playoff yang akan diikuti Swedia dijadwalkan berlangsung pada Maret tahun depan, memperebutkan tiga sisa tiket kuota zona Eropa ke Piala Dunia 2022.

Hasil pertandingan lainnya, Serbia memesan satu tempat ke Qatar untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2022 selepas mempecundangi tuan rumah Portugal 2-1 dalam laga pemungkas Grup A di Stadion da Luz, Lisbon, Senin WIB.

Serbia membukukan kemenangan mereka secara dramatis sebab sempat tertinggal lebih dulu akibat gol cepat dan baru mengunci tiga poin lewat gol larut tepat di pengujung waktu normal.

Dengan kemenangan ini, Serbia menjadi juara Grup A dengan raihan 20 poin, menggusur Portugal (17). Cristiano Ronaldo dkk harus puas jadi runner-up dan akan melanjutkan perjuangan mereka ke Qatar lewat fase playoff.

Portugal masih menunggu hasil undian lawan mereka di babak semifinal playoff zona Eropa yang nantinya akan memperebutkan sisa tiga tiket putaran final Piala Dunia 2022 pada Maret tahun depan.

Dalam pertandingan Grup A lainnya, Republik Irlandia melanjutkan tren positif mereka dengan mengalahkan Luksemburg 3-0 saat bertandang ke kandang lawan.

Gol-gol Shane Duffy, Chiedozie Ogbene dan Callum Robinson membuat Irlandia kini melewati tiga laga kompetisi resmi tanpa kekalahan dan menangguk dua kemenangan.

Irlandia finis di posisi ketiga klasemen berbekal keunggulan selisih gol dibandingkan Luksemburg, kendati sama-sama mengoleksi sembilan poin.

Jermam membabat Armenia 4-1 dalam pertandingan penutup Grup J di Stadion Vazgen Sargyan Republican, Yerevan, Senin WIB.

Kemenangan itu memantapkan posisi Jerman sebagai juara Grup J dengan raihan 27 poin, sedangkan Armenia (12) menempati peringkat keempat klasemen akhir.

Makedonia Utara di ambang sejarah untuk melakoni penampilan perdana di putaran final Piala Dunia 2022 seusai masuk ke fase playoff kualifikasi zona Eropa.

Hal itu dicapai setelah Makedonia membukukan kemenangan 3-1 saat menjamu Islandia dalam laga pemungkas Grup J zona Eropa di Stadion Tose Proeski Arena, Skopje, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kemenangan itu membuat Makedonia finis di posisi kedua klasemen akhir Grup J dengan raihan 18 poin dan berhak mengikuti fase playoff zona Eropa yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan.

Dalam pertandingan Grup J lainnya yang berlangsung bersamaan di Stadion Rheinpark, Vaduz, Rumania mengalahkan tuan rumah Liechtenstein dengan skor 2-0 berkat gol-gol Dennis Man dan Nicusor Bancu.

Sayangnya kemenangan itu jadi tak berarti bagi Rumania, yang harus puas finis di urutan ketiga Grup J dengan 17 poin, tertinggal satu poin persis di bawah Makedonia, sedangkan Liechtenstein tetap menjadi juru kunci dengan satu poin saja.(wsa)

Related Articles

Back to top button