IndustriMigas

Layanan Digital Dukung Perusahaan Selalu Beri Pelayanan Prima

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas dan bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) memiliki layanan pelanggan berbasis digital. Layanan digital telah mampu  mendukung perusahaan untuk selalu memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh pelanggan.

Menurut Area Head Bekasi Sales dan Operation Region II PT Perusahaan Gas Negara Tbk Amin Hidayat, PGN memiliki beberapa layanan digital. Diantaranya PGN Mobile, yakni aplikasi daring yang dapat digunakan oleh konsumen untuk memonitor pemakaian gas dan tagihan pemakaian gas.

Penggunaannya, pelanggan terlebih dahulu mengunduh aplikasi PGN Mobile dari App Store maupun Play Store. Setelah itu memasukkan ID pelanggan dan password. Nantinya setelah masuk ke dalam aplikasi, pelanggan dapat mengetahui pemakaian gas dan tagihan gas.

“PGN Mobile adalah super app yang nantinya akan dibangun oleh PGN untuk membantu pelanggan baik Industri/Rumah Tangga menanyakan atau menyelesaikan segala hal yang terkait dengan PGN,” jelas Amin, Jumat (12/11/2021).

Kemudian Rely On, yakni aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mendaftar berlangganan gas kepada PGN. Penggunaannya, calon pelanggan mendaftar melalui link daring atau aplikasi PGN Mobile, kemudian nanti pelanggan akan melakukan registrasi.  Setelah selesai melakukan registrasi, pelanggan akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan bahwa sudah sukses melakukan registrasi PGN. Proses berlangganan kurang lebih hanya 5-10 menit.

Selanjutnya Whatsapp Contact Center, yakni layanan purna jual yang dapat digunakan oleh pelanggan PGN untuk menyampaikan keluhan ataupun menanyakan fitur-fitur terkait dengan produk yang ditawarkan oleh PGN. Pelanggan yang memiliki keluhan maupun pertanyaan menghubungi Whatsapp Contact Center PGN ke 081511500645. Setelah itu akan ada agen yang menjawab pertanyaan keluhan maupun pertanyaan hal tersebut.

Layanan digital disebut Amin sangat dibutuhkan oleh pelanggan di era serba teknologi serta dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Melalui layanan digital, perusahaan dapat terus memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

“Dalam upaya mempermudah registrasi untuk berlangganan gas di jaman digital ini tentunya akses melalui channel digital sangat dibutuhkan. Melalui website maupun aplikasi PGN Mobile, saat ini sudah mudah meregistrasikan,” ujar Amin.

“Selain itu, PGN telah memiliki puluhan ribu pelanggan yang terdiri dari berbagai sektor, tentunya dengan adanya layanan digitalisasi ini sangat efektif bagi PGN untuk selalu memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh pelanggan,” imbuhnya.

Layanan digital memiliki manfaat bagi perusahaan maupun pelanggan. Bagi perusahaan,  kecepatan dan transparansi menjadi benefit yang disampaikan oleh pelanggan PGN tentang adanya digital akses.

“Dengan adanya akses digital, pelanggan dengan mudah mendapatkan informasi tagihan, pemakaian gas dan lainnya,” ucapnya.

Bagi pelanggan dan calon pelanggan baru dapat dimudahkan untuk mendapatkan informasi produk yang ditawarkan PGN, pembayaran tagihan lebih cepat dan keluhan maupun pertanyaan pelanggan lebih cepat untuk ditangani karena PGN selalu meningkatkan kemampuan pelayanan.

“Salah satunya dengan proses digitalisasi yang diharapkan dapat mengefektif dan mengefisienkan pelayanan,” katanya.

Dengan layanan digital yang diterapkan, saat ini sudah terdaftar sekitar 3000-an pelanggan Rumah Tangga yang mendaftar melalui aplikasi Rely On. Kemudian, sudah dilaksanakan Gas In pelanggan industri dengan volume penyerapan 6,6 BBTUD, serta pembayaran tagihan pelanggan lebih cepat terdeteksi dan tingkat responsitas keluhan yang meningkat setelah adanya layanan Whatsapp Contact Center.

Per Oktober 2021, pelanggan area Bekasi berjumlah 13.722, terdiri dari 3 pembangkit listrik, 243 komersial industry, 47 pelanggan kecil dan 13.429 rumah tangga. Layanan digital tersebut sudah diterapkan di seluruh sektor pelanggan.

“Hal ini adalah upaya PGN untuk meningkatkan pelayanan, sehingga pelanggan merasa puas,” ungkapnya.

Peran digitalisasi dinilai sangat penting terhadap pengembangan pasar PGN kedepannya. Dengan begitu dapat memudahkan PGN dalam mencari pelanggan baru.

“Seperti yang diketahui bersama, mulai 2022 – 2024 seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Presiden Republik Indonesia, bahwa ditargetkan dibangun 1 juta sambungan rumah (SR) per tahunnya, tentunya dengan adanya digitalisasi ini akan mempermudah PGN untuk men-reach calon pelanggan baru,” tuturnya.

Di Bekasi, sebagai kota penunjang Ibukota tentunya tak luput dari pengembangan jaringan gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) tersebut. Mulai 2022, PGN Area Bekasi akan secara masif untuk melaksanakan sosialisasi dan pemetaan potensi pengembangan pasar Jargas di Kota dan Kabupaten Bekasi. Untuk calon pelanggan yang berminat dapat bertanya melalui whatsapp contact center PGN 1500645 atau mendatangi Kantor PGN Area Bekasi yang beralamat di Jalan Pekayon Raya No 52 Pekayon Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi. (oke)

 

 

Related Articles

Back to top button