Sediakan Sarpras Disabilitas

SELESAI DIRENOVASI: Pengunjung berada di area Lobi Stasiun Bekasi . Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai mengaktifkan bangunan baru Stasiun Bekasi dan menonaktifkan jalur 1,2, dan 3 di area bangunan lama stasiun tersebut. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Penumpang di Stasiun Bekasi kini sudah bisa merasakan kenyamanan gedung dan fasilitas baru usai pembangunan stasiun sisi Selatan rampung dikerjakan.

 


Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus mengatakan, Pembangunan Gedung Stasiun Bekasi sisi Selatan sudah selesai dan sudah digunakan. Untuk Gedung sisi Utara progres pembangunan saat ini sudah mencapai 50 persen.

 


“Ya pembangunan Stasiun Bekasi untuk sisi selatan sudah selesai dan sudah digunakan. Gedung Stasiun Bekasi baru 50 persen dan sekarang sedang menuju penyelesaian sisi utara,” kata Paulus kepada Radar Bekasi saat dihubungi, Kamis (25/11).

 

Lanjut dia, gedung baru Stasiun Bekasi yang dibangun memiliki ground floor yang digunakan untuk operasional dan bangunan penunjang stasiun. Sedangkan untuk lantai satu digunakan untuk area akses penumpang.

 

Ia juga mengaku, Konsep Desain Gedung Stasiun Bekasi mengikuti stasiun jalur double-double track (DDT) yang sudah ada dari konsep desain modern minimalis, platform island, nantinya akan ada penambahan unsur klasik pada area heritage.

 

“Gedung kita memang mengikuti konsep modern minimalis dan platform island.

Dan juga akan ditambahkan unsur klasik,” ucapnya.

 

Sejauh ini, Stasiun Bekasi sudah selesai dengan dua platform island dan setengah bangunan lantai satu dengan luas area tunggu penumpang hingga 3.900 meter dan diperkirakan bisa menampung 7.000 orang.

 

Selain itu, fasilitas yang terdapat pada gedung baru Stasiun Bekasi yaitu escalator enam unit, tiga unit lift, satu toilet difabel di lantai satu. Dua toilet pria dan wanita di lantai satu dan ground floor, musala, serta ramp akses ke lift untuk disabilitas.

 

“Selain fasilitas yang ada, dalam pembangunan kita mengakomodir ramp untuk disabilitas dan guiding block yang terdapat di peron. Hingga saat ini kita sedang konsentrasi untuk penyelesaian pembangunan Stasiun Bekasi,” ungkapnya. (pay).