Berita Bekasi Nomor Satu

Milad ke-64 Uhamka, Ini Capaian dan Target

Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA- Resepsi milad ke-64 Universitas Prof. DR. Hamka (Uhamka) berlangsung secara hybrid (daring sekaligus luring), Kamis (25/11).

Mengingat suasana bangsa masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, kampus Muhammadiyah ini, mengangkat tema bertajuk Uhamka Menebar Peduli dalam Keterbatasan Pandemi.

Di acara puncak milad ini, Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro membeberkan sejumlah capaian di tahun 2021. Dia juga memaparkan target-target Uhamka beberapa tahun ke depan.

Satu diantara capaian yang dibanggakannya, yaitu telah menyelenggarakan dan ada sembilan fakultas dan sekolah pascasarjana, yang mencakup 44 program studi (prodi), termasuk satu prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia yang baru saja diterima pada Senin (22/11) lalu.

“Tahun 2021 ini juga, kita berhasil mempertahankan akreditasi institusi A dan saat ini kita dalam proses persiapan untuk menuju akreditasi Unggul dan Internasional,” kata Gunawan.

“Tahun 2021 ini juga kita mengalami peningkatan pada webometrics. Setelah pada tahun 2020 kita masuk pada urutan 227, pada tahun 2021 kita berhasil meningkatkan rangking webometrics menjadi peringkat 69, dan peringkat webometrics pada tingkatan PTM/A kita masuk pada 5 besar dari 165 PTM/A,” sambung dia.

Selain itu, Uhamka menyiapkan beasiswa lain di samping beasiswa Kader Langsung Kerja yang diluncurkan pada 2020 silam. Antara lain beasiswa eksternal (bidikmisi/KIP, Muamalat, BSI), beasiswa Hamka Muda, beasiswa kader berprestasi, beasiswa prestasi, dan Hamka Scholarship.

“Uhamka juga mendesain program summer course yang diikuti oleh Philipina, Malaysia, Vietnam, Saudi Arabia, Mesir, dan USA. Program Beasiswa dan summer course yang diberikan tentu adalah bentuk kepedulian Uhamka kepada negara, bangsa dan dunia untuk berkontribusi besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” terang Gunawan.

Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dan publikasi, lanjut Gunawan, Uhamka memberikan prioritas kepada para dosen. Saat ini, jumlah riset dosen Uhamka sebanyak 612 penelitian, dan ditopang langsung oleh Unit Penerbitan dan Publikasi Ilmiah.

“Sementara itu, jumlah publikasi jurnal internasional dan nasional tahun 2021 sebanyak 38 artikel jurnal terindek scopus, 36 prosiding terindeks scopus, 52 artikel jurnal Sinta, jurnal nasional 437 dan 27 unral internasional. Selain publikasi jurnal, terdapat HAKI 28 dan buku 15 integrasi AIK,” ujar dia.

Gunawan menambahkan, dalam hal peningkatan kompetensi dosen dan karyawan, pada 2021 Uhamka memiliki 485 dosen bergelar magister (S2) dan 155 dosen dokter (S3), sehingga total keseluruhan menjadi 640 dosen, di samping 252 tenaga kependidikan.

Saat ini, sambung Gunawan, dosen Uhamka yang sedang kuliah S3 berjumlah 75 orang, yaitu 13 beasiswa LPDP dan 62 beasiswa Uhamka yang tersebar di beberapa daerah dan negara antara lain Rusia, Inggris, Jepang, Malaysia dan juga di Indonesia. Sedangkan jumlah dosen yang telah tersertifikasi bertambah 40 orang sehingga total berjumlah 364 dosen. (zar)

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin