Sambut Bulan Menanam Pohon, LDII Kota Bekasi Tanam 150 pohon

Ketua DPD LDII Kota Bekasi bersama jajaran pengurus dan perangkat Kelurahan Jakasetia secara simbolis melakukan penanaman pohon, Minggu (5/12)
Ketua DPD LDII Kota Bekasi bersama jajaran pengurus dan perangkat Kelurahan Jakasetia secara simbolis melakukan penanaman pohon, Minggu (5/12)

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota Bekasi mengadakan kegiatan penanaman pohon, Minggu (5/12) kemarin. Adapun kegiatan dari penanaman pohon itu dilaksanakan di halaman Masjid Raudhatul Jannah, Jakasetia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi dan di wilayah Pondok Melati.

Menurut Ketua DPD LDII Kota Bekasi, Ir Ary Widjanarko, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu dari 8 program kerja jajaran LDII untuk bangsa, tentang pangan dan lingkungan hidup sesuai intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sebagai tindaklanjut kegiatan yang telah dilaunching di Provinsi Yogyakarta.


“Tapi, perlu diketahui bahwa LDII sendiri telah memulai kampanye terkait menanam pohon atau Go Green itu sejak tahun 2007 bekerja sama dengan MUI Jawa Timur. Untuk pohon yang ditanam ini memiliki nilai ekonomi yang dilanjutkan secara terus-menerus tiap tahun. Dan di Jawa Barat, kebetulan dilaksanakan hari ini serentak se- Jawa barat dan disiarkan secara virtual zoom meeting,” kata pimpinan LDII Kota Bekasi, Ir Ary, Minggu (5/12).

Ir Ary menyampaikan, bahwa pihaknya turut bersyukur bisa mengadakan kegiatan ini dan mendapatkan perhatian dari Walikota Bekasi, Rahmat Effendi yang turut memberi bantuan bibit 150 buah tanaman melalui jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. Dan bantuan ini pun dimanfaatkan dalam kegiatan di dua titik berbeda, yakni di PAC Jakasetia dan PAC Pondok Melati.


“Jadi, kebetulan untuk di Jaka Setia dan juga Pondok Melati punya lahan yang sudah dibeli luasnya, sekitar 1000 meter. Dan diharapkan tanaman ini bisa tumbuh untuk memberikan kehidupan, dan penghidupan bagi lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Sementara itu, pemantau Monitoring RW 05, Syarifullah yang mewakili Lurah Jakasetia menambahkan, pihaknya mengapresiasi atas kegiatan penanaman pohon tersebut. Dirinya pun berharap, jika kegiatan ini tak hanya hari ini saja, tapi bisa terus berkelanjutan di tahun depannya sehingga lingkungan bisa nyaman, tertib, indah dan bersih.

Senada, disampaikan Sekretaris Kelurahan Jaka Setia, Sarmiyati. Dia mengungkapkan, bahwa dengan menanam pohon kedepannya bisa berdampak baik, khususnya untuk dapat menjadi solusi persoalan banjir yang selama ini kerap melanda di wilayah lingkungan RW 5, Kelurahan Jakasetia.

“Ya, dengan menanam pohon kan bisa bantu agar tidak menimbulkan banjir yang memang sudah sering terjadi di lingkungan kita, maka kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” ucapnya.

Terakhir, Babinsa Jakasetia, Pelda Dalimun mengaku, kalau pohon-pohon yang ada di wilayahnya ini sudah banyak yang ditebang untuk dijadikan tempat perumahan, sehingga perlu Gerakan sekecil apapun untuk lakukan penanaman pohon di lahan-lahan kosong, ataupun di rumah-rumah karena kegiatan ini dapat menghasilkan oksigen yang memiliki kualitas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dan generasi mendatang.

“Kami sangat mendukung dan berharap ada gerakan-gerakan semacam ini, walaupun itu hanya sebuah gerakan kecil dari masyarakat di rumah-rumahnya,” singkatnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan walaupun dengan hujan gerimis yang turun sepanjang hari tidak menyurutkan jajaran DPD LDII Kota Bekasi untuk melakukan prosesi penanaman pohon secara simbolis oleh Lurah Jakasetia yang diwakili Sekretaris Kelurahan Sarmiyati dan pimpinan DPD LDII Kota Bekasi, Ir Ary di lingkungan RW 05, Jakasetia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (5/12) pagi.

Turut hadir untuk menyaksikan prosesi itu, para perangkat di lingkungan RW 05 dan juga jajaran Kelurahan lainnya, beserta jajaran PC LDII Bekasi Utara, PAC Jakasetia, dan PAC Teluk Pucung. (mhf)