FKDM Diminta Bersinergi

SAMBUTAN: Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto ketika memberikan sambutan pada Bimtek Intelijen Dasar FKDM belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN-Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan, untuk menjaga keutuhan NKRI diperlukan sinergitas dari berbagai elemen, yakni pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat.

 


Hal itu disampaikan pada pembukaan Bimtek Intelijen Dasar FKDM. Ia juga mengajak pengurus FKDM, agar mampu bersinergi dengan perangkat aparatur pemerintah, TNI, Polri dan stakeholder. Juga mampu untuk menjaga kekompakan dan mampu mendeteksi setiap adanya ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang ada di wilayah.

 


” Pengurus itu juga harus bisa mengurusi organisasi secara profesional, sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 dan Nomor 46 Tahun 2019,” jelasnya.

 

AKP Eko Budi Santoso, Wakil Kepala Satuan Intelijen Keamanan (Wakasat Intelkam), sebagai narasumber pertama dari Polres Metro Bekasi Kota menyampaikan, kondusifitas di masyarakat tercipta dari rasa aman, nyaman, dan terhindar dari konflik sosial. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama yang baik antar semua pihak.

 

“FKDM di Kota Bekasi harus bisa bekerja keras dan bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam program deteksi dini demi terciptanya situasi lingkungan yang aman dan kondusif,” katanya.

 

Kemudian narasumber kedua, Iwan Nuriyan, Agen Madya Binda Provinsi Jawa Barat menyampaikan paparannya. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam menjalankan tugas yang ada di FKDM, salah satunya adalah filterisasi informasi.

 

“Pengurus FKDM wajib paham tugas pokok dan fungsinya secara jelas, dalam memberi informasi harus sesuai fakta yang disertakan data, di saring sebelum sharing (dibagi/disebarkan),” ungkap Iwan. (one/hms)