Berita Bekasi Nomor Satu

Rancang Cek Poin

Illustrasi : Ribuan pemudik bermotor yang lolos di pos penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, Minggu (9/5/2021) dinihari.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sedang merancang penerapan cek poin untuk mengantisipasi pemudik saat Natal dan tahun baru (Nataru).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pemkot dan Polres Metro Bekasi Kota bersama-sama merancang pos pengawasan tersebut.

“Kita minggu ini baru mulai persiapan (cek poin nataru),” ujar Rahmat saat ditemui di kawasan Stadion Patriot Candrabhaga belum lama ini.

Wali Kota yang akrab disapa Ban Pepen ini mengatakan, persiapan itu turut melibatkan organisasi masyarakat yang ada di Kota Bekasi.

“Termasuk kita ngumpulin ormas, dengan Pak Kapolres untuk menjelaskan bahwa di akhir tahun ini apa yang harus dilakukan, langkah-langkah bersama,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Bekasi bersama Polrestro Bekasi Kota dan Kodim 0507/Kota Bekasi, melarang masyarakat mudik pada saat Nataru 2022.

Kebijakan tersebut termaktub dalam Surat Edaran Bersama Nomor 443.1/8711/SETDA.TU, B/2951/XI/2021, B/568/XI/2021 tentang Monitoring Pelaksanaan Pengetatan Aktivitas Masyarakat pada Libur Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kota Bekasi.

Dalam surat tersebut, Rahmat mengimbau masyarakat maupun perantau yang berada di wilayah Kota Bekasi untuk meniadakan mudik saat Nataru jika tujuannya tidak mendesak.

“Melakukan pengetatan arus pelaku perjalanan masuk dan keluar wilayah Kota Bekasi pada posko check point sebagai antisipasi tradisi mudik Nataru,” ujar Rahmat. (dil/pjk)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin