Kabar Duka, Youtuber Mbah Minto Berpulang

RADARBEKASI.ID, KLATEN – Kabar duka datang dari Mbah Minto Suwito Siyam atau yang lebih populer dengan nama Mbah Minto. Youtuber berusia 85 tahun itu dikabarkan meninggal dunia di RS Islam, Klaten pada Minggu (22/12) malam.

Kabar duka tersebut pertama terdengar dari unggahan akun Instagram Ucup Klaten, @ucup_jbsklaten, Youtuber yang sering berkolaborasi dengan Mbah Minto


“Sugeng tindak Simbok… Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang,” tulis Ucup Klaten dalam keterangan unggahan terbarunya, Kamis (23/12).

Kabar wafatnya Mbah Minto ini juga dibenarkan Kasubag Humas dan Pemasaran RSI Klaten Agus Susanto. “Betul (meninggal dunia) sekitar pukul 21.00 WIB. Dan sudah dibawa pulang keluarganya sekitar jam 22.30 WIB,” terang Agus Susanto, Kamis (23/12) pagi.


Menurut lelayu yang beredar, jenazah Mbah Minto akan dimakamkan pada Kamis (23/12) pukul 14.00 WIB di Sasono loyo Wonosegaran, Bugel, Krakitan. Mbah Minto meninggalkan 4 anak, 15 cucu dan 4 orang buyut.

Meninggalnya Mbah Minto juga membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berduka. Di akun twitternya @ganjarpranowo, pria yang dekat dengan warganya itu menuliskan rasa duka citanya.

“Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji’un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. (Selamat berpulang Mbah Minto. Sungguh, Anda orang baik,” demikian cuitan Ganjar terpantau Kamis

Publik secara luas mengenalnya Mbah Minto sebagai artis parodi gagal mudik. Dari video itulah kemudian nama Mbah Minto meroket di usia senja. Bahkan, Mbah Minto membintangi sejumlah iklan komersial.

Nama Mbah Minto mencuat di tengah pandemi lewat tayangan-tayangan YouTube bertema gagal mudik. Video dagelan itu digarap bersama tetangganya, Muhammad Sofyan alias Ucup, ditayangkan di akun YouTube maupun Instagram. Tayangan-tayangan itu ditonton jutaan orang sejak awal diunggah.

Lewat video itu, Ucup yang berperan sebagai anak Mbah Minto mengungkapkan keinginannya untuk mudik karena Lebaran. Namun, Mbah Minto melarang anaknya pulang ketimbang membawa virus Corona. Percakapan ini digambarkan lewat video call dengan anaknya yang berada di perantauan.(wsa)