Stadion Patriot Candrabhaga jadi Sentra Vaksinasi Booster

TERIMA PENDAFTARAN: Para petugas vaksinasi dari Dinkes Kota Bekasi, sedang menerima pendaptaran warga yang ingin divaksin bosster, di Gate 10, Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin (17/1). HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Sejak tanggal 13 Januari 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai gencar melayani vaksinasi booster untuk masyarakat umum, di atas usia 18 tahun.

Namun untuk mendapatkan vaksin tersebut, masyarakat diminta mendatangi puskesmas terdekat, atau bisa juga langsung ke Sentra Vaksinasi, di Gate 10 Stadion Patriot Candrabahaga (PCB), Kota Bekasi.


“Vaksinasi booster ini lebih memprioritaskan kelompok lansia, tetapi yang sebelumnya sudah berusia di atas 18 tahun, bisa diberikan vaksin booster juga,” kata panitia dan pelaksana kegiatan vaksinasi booster Dinkes Kota Bekasi, Mutia, Senin (17/1).

Adapun syarat dan ketentuannya, lanjut Mutia, adalah harus dalam keadaan sehat, sudah melaksanakan vaksinasi yang dua selama enam bulan dari pemberian dosis kedua, memiliki tiket vaksin ketiga yang bisa dicek melalui aplikasi PeduliLindungi, dan tidak lupa membawa surat data diri seperti fotokopi KTP dan KK,


“Kami membuka layanan vaksinasi booster dari hari Senin sampai Sabtu. Untuk hari Senin sampai Jumat, buka pukul 8 pagi sampai 3 sore dan untuk hari Sabtu, buka dari pukul 8 pagi sampai 12 siang,” terang Mutia.

Ia menjelaskan, karena ada aturan tertulis berdasarkan Surat Edaran Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Nomor: 440/37/SET.COVID-19, maka pemberian jenis vaksin yang berbeda untuk vaksin booster

Lanjut Mutia, untuk mendapatkan vaksin Sinovac saat dosis pertama dan kedua, maka vaksin boosternya bisa mendapatkan 1/2 dosis Pfizer, atau 1/2 dosis AstraZeneca. Sedangkan bagi yang sudah diberikan dosis lengkap AstraZeneca, akan mendaptkan 1/2 dosis Pfizer atau 1/2 dosis Moderna yang mana di Stadion PCB tidak memiliki batas kuota.

“Kami hanya melaksanakan pelayanan pada jam yang telah ditentukan, atau sampai ketersediaan vaksin pada hari itu habis,” tuturnya.

Salah satu warga yang mengikuti vaksinasi booster, di Stadion PCB, Tiara menilai pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bekasi cukup memuaskan. Semua petugasnya terbilang ramah, dan informatif, sehingga saya merasa nyaman mengikuti proses vaksinasi ini.

“Untuk syarat juga tidak terlalu sulit, karena hanya perlu mengunduh tiket vaksin ketiga yang ada di aplikasi PeduliLindungi, serta menyediakan pelengkap identitas diri seperti fotokopi KTP dan KK,” beber Tiara. (bis/hms)