Berita Bekasi Nomor Satu

Jemput Bola Layanan Adminduk

REKAM KTP-el: Petugas ketika melakukan perekaman KTP-el kepada lansia pada proses layanan jemput bola Disdukcapil, Kamis (27/1). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi menghelat pelayanan jemput bola ke sejumlah wilayah di Kota Bekasi.

Mulai dari pelayanan kependudukan, perekaman dan cetak KTP-el, akta kelahiran, kartu identitas anak , akta kematian hingga akta perkawinan.

Khusus untuk akta perkawinan, kelanjutan kepengurusannya dilaksanakan di Disdukcapil pada hari Sabtu, karena pihak-pihak yang berkaitan seperti dua calon mempelai serta saksi harus hadir.

Kepala Disdukcapil Taufiq R Hidayat menyampaikan, pelayanan jemput bola adminduk dilakukan secara rutin dan door to door ke rumah warga. Namun, dalam momen menyambut HUT Kota Bekasi Ke – 25, Pemkot menggelar door to door ke kantor-kantor kelurahan se-Kota Bekasi.

Yang dilayani antara lain rekam catatan kependudukan untuk seluruh warga kota Bekasi termasuk orang yang berkebutuhan khusus seperti lansia, orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ), dan orang sakit yang kemampuan mobilitasnya sudah berkurang.

“Sebenarnya kegiatan jemput bola pelayanan tersebut sudah rutin kami gelar, terutama bagi warga rentan seperti lansia, ODGJ, ataupun orang yang sakit. Selalu kita adakan jemput bola, siapa pun yang mengajukan pasti kita datangi. Biasanya itu door to door, berhubung sekarang-sekarang ini momennya sedang menyambut HUT ke-25 Kota Bekasi, kami adakan secara bergantian di kantor -kelurahan se- Kota Bekasi,” ujar Taufiq.

Lanjut Taufiq, ODGJ juga wajib didata administrasi kependudukannya. “ODGJK wajib direkam data adminduknya, dan semua datanya harus berinduk ke NIK e-KTP. Jadi, target kita semua warga Kota Bekasi harus memiliki e-KTP,” jelasnya.

Terkait mekanismenya, berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kota Bekasi, pelayanan jemput bola sudah ditentukan lokasi dan kuotanya, yakni dari satu kecamatan hanya digelar di dua kelurahan.

“Khusus dalam menyambut HUT ke-25 Kota Bekasi, pelayanan jemput bola terjadwal di satu kecamatan dua kelurahan. Lokasi dan kuota sudah ditentukan. Kuota per harinya 25 orang per kelurahan,” ungkap Taufiq. (hms)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin