Barca Selamat dari Kekalahan

Selebrasi Luuk de Jong (tengah) bersama Adama Traore setelah Barcelona mencetak gol penyeimbang. Foto: Reuters

RADARBEKASI.ID, CATALAN – Derby penuh drama antara Barcelona melawan Espanyol berakhir imbang dengan skor 2-2 dalam pertandingan La Liga Spanyol pekan ke-24 di RCDE Stadium, Barcelona pada Senin (14/2) dini hari WIB.

Blaugrana unggul lebih dahulu lewat gol Pedri, Espanyol berbalik unggul lewat gol Sergi Darder dan Raul de Tomas.


Kemenangan Espanyol di depan mata harus sirna setelah Luuk de Jong memberikan Barcelona gol penyeimbang di injury time.

Hasil ini tetap membuat Barcelona duduk di peringkat empat dengan 39 poin, tertinggal empat poin dari Real betis di posisi ketiga.


Sementara itu, Espanyol bertengger di tempat ke-13 dengan 28 poin dari 24 pertandingan.

Barcelona mencetak gol cepat saat laga baru berjalan satu menit. Jordi Alba melepaskan umpan silang dari sisi kiri ke kotak penalti dan disambar Pedri untuk membawa tim tamu unggul 1-0.

Espanyol merespons dengan serangan pada menit ke-6. De Tomas menusuk dari sisi kiri dan memberikan umpan ke Pedrosa di kotak penalti, yang tendangannya masih diblok Ronald Araujo.

Bola muntah dikontrol Vilhena sebelum dioper ke De Tomas yang melepaskan tendangan dari depan kotak penalti. Namun, bola masih melebar dari gawang Ter-Stegen.

Barcelona berupaya menambah gol tapi beberapa kali upaya masih gagal. Termasuk lewat sepakan voli Adama Traore pada menit ke-37 yang menyambut umpan Gavi, tetapi arah bola masih melebar dari sasaran.

Semenit kemudian giliran Ferran Torres yang menyundul bola umpan silang Alba. Namun, percobaannya masih melambung dari gawang Diego Lopez.

Espanyol menyamakan kedudukan pada menit ke-40 ketika Raul de Tomas mengecoh Ronald Araujo di kotak penalti, sebelum mengumpan kepada Darder.

Darder melepaskan diri dari kawalan dan melepaskan sepakan ke pojok kanan gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan demi mendapatkan gol kedua.

Gavi sempat membobol gawang Espanyol pada menit ke-57, tetapi dianulir wasit karena Frenkie de Jong berada dalam posisi offside.

Demi menambah daya gedor, Barcelona memasukkan Pierre-Emeric Aubameyang pada menit ke-62. Namun, Barcelona justru kebobolan gol kedua pada menit ke-64.

Darder menemui celah pertahan Barcelona dan mengirimkan umpan lambung ke arah De Tomas, yang masuk dari belakang Eric Garcia. Tinggal berhadapan dengan Ter-Stegen, De Tomas dengan tenang mengirimkan bola ke pojok kiri gawang dan skor menjadi 2-1.

Setelah gol tersebut, Espanyol langsung bermain lebih bertahan dan membiarkan Barcelona mengurung mereka.

Beberapa kali peluang didapat oleh Barcelona, termasuk tendangan Pedri pada menit ke-67. Namun, bola masih mengarah tepat ke pelukan eks kiper Real Madrid tersebut.

Laga berlangsung panas dan kedua tim harus bermain dengan 10 orang setelah Gerard Pique dan Nico Melamed mendapatkan kartu kuning kedua.

Saat laga tampaknya akan dimenangi Espanyol, Barcelona mencetak gol penyeimbang di masa injury time tepatnya menit ke-96.

Traore melepaskan umpan silang yang disambut tandukan Luuk de Jong ke pojok kanan gawang Lopez, yang membuat skor akhir Espanyol Vs Barcelona 2-2.

SUSUNAN PEMAIN:
Espanyol (4-1-4-1): Diego Lopez; Aleix Vidal (Fernando Calero 89′), Sergi Gomez, Leandro Cabrera, Adria Pedrosa; Tonny Vilhena (Nico Ribaudo 61′), Keidi Bare (Manu Morlanes 62′ (Fran Merida 70′)), Yangel Herrera, Sergi Darder; Javier Puado, Raul de Tomas.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Ronald Araujo (Eric Garcia 46′), Gerard Pique, Jordi Alba (Ousmane Dembele 72′); Frenkie de Jong (Pierre-Emerick Aubameyang 62′), Sergi Busquets, Pedri (Luuk de Jong 89′); Adama Traore, Ferran Torres, Gavi (Nico Gonzalez 72′).

(wsa)