Berita Bekasi Nomor Satu

Pemilih Berkelanjutan Kota Bekasi Capai 1,6 Juta  

ILUSTRASI : Kantor KPU Kota Bekasi. RAIZA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – KPU Kota Bekasi memastikan, Daftar pemilih berkelanjutan (DPB) sampai bulan Februari 2022 lalu, sebanyak 1.677.108 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 834.686 pemilih, sedangkan pemilih perempuan sebanyak 842.422 pemilih yang tersebar di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi.

“Data ini berdasarkan rapat koordinasi bulanan yang dilakukan oleh KPUD Kota Bekasi bersama stakeholder terkait sampai dengan Februari 2022 kemarin,” kata Ali Syaifa, Komisioner KPUD Kota Bekasi, Selasa (1/3).

Jumlah tersebut, kata Ali, terdapat tiga orang pemilih baru yang berasal dari hasil tanggapan masyarakat yang disampaikan KPU, antara lain secara online satu orang pemilih pemula dan dua orang yang pindah datang.

“Jadi, tiga orang ini merupakan data pemilih baru yang kita dapati di bulan Februari. Selain data itu, kami pun dapatkan data pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sebanyak 103 Pemilih dari hasil pencermatan data ganda sebanyak 102 pemilih, dan penduduk pindah domisili sebanyak 1 pemilih,” jelasnya.

Sampai dengan saat ini pihaknya terus berkoordinasi bersama pihak Disdukcapil Kota Bekasi guna pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada Pemilu 2024 mendatang yang secara rutin dilakukan satu kali dalam setiap bulannya. Bagi warga masyarakat yang ingin memberi tanggapan terhadap Daftar Pemilih online melalui link : bit.ly/formPDPBkotabekasi, atau dapat juga melaporkan langsung ke Kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir. H. Juanda No.163 Bekasi.

“Dan masyarakat dapat pula melakukan pengecekan apakah telah terdaftar dalam Daftar Pemilih dengan mengakses alamat link : lindungihakmu.kpu.go.id atau download aplikasi Lindungi Hakmu di Google Play Store link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kpu.ppdb,” imbuhnya.

Ali menegaskan, bahwa DPB adalah data yang bersifat sementara dan masih akan berubah. Pihaknya pun akan terus berupaya melakukan pemutakhiran daftar pemilih secara optimal agar proses penyusunan daftar pemilih di pemilu 2024 bisa lebih akurat dan komprehensif. (mhf)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin