Ingatkan Prokes Lewat Mural

GAMBAR: Pemuda di Kelurahan Jatibening Baru ketika membuat karya seni mural menyambut HUT ke 25 Kota Bekasi. MG1/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Menyambut hari jadi ke 25 Kota Bekasi, berbagai lomba dihelat warga di beberapa wilayah. Termasuk di wilayah Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi melombakan karya seni mural.

Mural merupakan seni menggambar atau melukis dengan media dinding, yang bersifat permanen. Meski demikian, mural tak hanya sekadar gambar atau tulisan semata namun juga bisa memberikan pesan sosial atau imbauan bagi masyarakat.


Di daerah Jatibening Baru, mural menghiasi tembok jalanan. Aktivitas yang digeluti sejumlah pemuda itu untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 25 Kota Bekasi.

Ya karya mereka akan dinilai dan diberikan reward. Beragam alat lukis mereka persiapkan seperti, cat dinding, cat minyak, kuas, tangga dan lain-lain. Kebanyakan peserta mengangkat tema terkait protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.


“Acara mural ini untuk memeriahkan HUT Kota Bekasi ke 25 dalam lingkup kelurahan.” kata Ridwan Rauf salah satu Anggota Karang Taruna Jatibening.

Dia juga mengungkapkan acara tersebut diikuti lingkup kelurahan. Ada 5 kelurahan yang mengikuti acara mural untuk HUT Kota Bekasi di Kecamatan Pondokgede. Diantaranya Kelurahan Jaticempaka, Kelurahan Jatibening, Kelurahan Jatimakmur, Kelurahan Jatibening Baru dan Kelurahan Jatiwaringin.

“Seni itu tidak hanya ada di pameran, tapi di jalan dan tempat seperti ini pun bisa. Karena dalam seni juga ada edukasinya. Apalagi ini kita ikut memeriahkan HUT Kota Bekasi,” tuturnya. Ridwan.

Selain menjadi ajang silaturahmi pecinta seni, dengan acara tersebut, menurutnya dapat menggali potensi kemampuan karya seni di kalangan generasi muda.

“Kegiatan seperti ini bagus sekali. Karena merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan bagi masyarakat pecinta seni. Selain juara, tetapi temu antar seniman dan silaturahmi itu yang penting,” tandasnya. (mg2)