Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Pedagang Bakso Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Ketua Papmiso Maryanto SBY saat podcast di Radar Bekasi, Senin (7/3). Foto: cuplikan video Miftah/Radar Bekasi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Pandemi Covid-19 terjadi hampir tiga tahun berjalan di Indonesia , termasuk di Kota Bekasi. Tidak sedikit para pengusaha, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan para pedagang yang gulung tikar.

Berbeda dengan pedagang bakso. Mereka tetap bertahan, meskipun di masa pandemi. Sebab, bakso merupakan makanan yang tidak hanya dikonsumsi orang dewasa. Anak-anak pun mengkonsumsi.

Sehingga pedagang bakso tetap bertahan meski sejumlah pedagang lain banyak yang berguguran (menutup usaha).

Ketua Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) Indonesia, Maryanto SBY menyampaikan, memang bakso itu sudah menjadi bagian atau makanan setiap hari dari masyarakat.

Sehingga saat dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Bekasi. Pedagang bakso tidak kesulitan untuk berjualan meski di batasi dengan jam maupun operasionalnya.

“Ya karena bakso itu sudah masuk ke semua golongan. Jadi kita tidak kesulitan ketika pemerintah menerapkan aturan-aturan selama dalam masa pandemi,” kata Yanto usai podcast di Kantor Radar Bekasi Jalan M Hasibuan Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi, Senin (7/3).

Tetapi, lanjut dia, dari sisi marketing para pedagang bakso tidak ada kesulitan. Soalnya bakso ini disukai semua golongan.

Hanya saja, yang membuat sulit itu membatasi pembeli saat makan di tempat. Akhirnya secara langsung itu juga terdampak pada penjualan bakso baik dirinya maupun teman-teman seprofesi.

“Alhamdulillah pedagang bakso tidak ada yang gulung tikar sampai sekarang. Walaupun masa sulit kita tetap berjulan dan tetap di senangi oleh masyarakat,” ucapnya.

Ia juga mengaku, kebanyakan teman-teman seprofesinya banyak yang membuka cabang. Kemudian, saat ini daging sapi naik ia ingin pemerintah harus mengetahui tata kelola pangan maupun daging.

Dirinya meminta pemerintah mengelola dengan baik. Agar para pelaku usaha khususnya pedagang bakso dan mie ayam tidak kesulitan mengakses bahan baku.

“Ya meskipun harga daging tinggi mau tidak mau kita harus membeli. Pada intinya pemerintah harus benar-benar diperhatikan itu. Agar kita tetap dan bisa bertahan di masa pandemi ini,” ungkapnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin