Bersihkan Sampah Kali Alam

Illustrasi : Seorang warga mencuci di bantaran kali, Desa Bojongsari, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, dan dipenuhi berbagai tumbuhan, sehingga kedalaman air menjadi berkurang. DAN/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id, Bekasi – Tumpukan sampah memadati aliran Kali Alam, Kaliabang Nangka RW 03, dekat Perumahan Bintang Metropol, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara.

Lurah Perwira, Isma Yusliyanti,menjelaskan usai menerima informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan RW dan RT setempat.”Saya langsung berkoordinasi dengan RW dan RT setempat,” ucapnya.


Menindaklanjuti keluhan warga terkait persoalan tersebut pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi.

“Selain kelurahan, RW, RT kita juga di bantu oleh DBMSDA untuk pembersihan terus sampahnya diangkut sama DLH,” tuturnya.


Kondisi tumpukan sampah yang dibiarkan, memicu warga yang melintas menambah jumlah volume sampah karena dianggap sudah menjadi TPS liar.

“Sampah menumpuk karena warga yang lewat kadang membuat di kali itu, karena jalan itu kan umum,” kata Isma.

Isma pun berharap untuk kedepannya warga sekitar maupun warga yang melintas, tidak membuang sampah ke sungai.

“Harapan saya kedepannya warga tidak membuang sampah ke kali lagi, hayu bersama sama peliharaan lingkungan dan jaga kebersihan,” tutupnya. (cr1).