Berita Bekasi Nomor Satu

Dana BPMU Cair April

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMK Bisnis dan Teknologi saat mengikuti praktik. Dana BPMU bagi sekolah swasta tingkat SMA/SMK dan SLB akan cair April. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dana bantuan pendidikan menengah universal (BPMU) bagi sekolah swasta tingkat SMA/SMK dan SLB akan cair April. Pada 2022 ini, besaran bantuan dari Pemerintah Jawa Barat itu diberikan Rp700 ribu per siswa.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono mengatakan, pada tahun ini ada kenaikan besaran BPMU bagi sekolah swasta.

“Tahun ini BPMU untuk sekolah swasta mengalami kenaikan. Ini merupakan kabar yang sangat baik,” ujar Asep kepada Radar Bekasi. Selasa (8/3).

Pada tahun sebelumnya BPMU diberikan Rp600 ribu per siswa per tahun. Pada 2022 besaran bantuan mengalami kenaikan Rp100 ribu, sehingga menjadi Rp700 ribu per siswa per tahun.

“Kenaikannya Rp100 ribu. Alhamdulillah ada kenaikan bisa untuk membantu biaya operasional sekolah,” katanya.

BPMU diberikan sesuai dengan jumlah siswa di satuan pendidikan yang terdaftar melalui data pokok pendidikan (Dapodik). Rencananya pencairan dana BPMU akan dilakukan pada April 2022. “Rencananya akan kami berikan pada April nanti,” ucapnya.

Sementara, Kepala SMA Tulus Bhakti (TB) Kota Bekasi Margo Cahyono mengungkapkan, bahwa BPMU selalu diterima oleh siswanya dalam setiap tahun.

“Program BPMU ini memang setiap tahun kami menerimanya dengan besaran Rp600 ribu per siswa per tahun,” katanya.

Ia bersyukur dengan naiknya BPMU tahun ini. Dengan begitu dapat lebih membantu operasional sekolah yang mengalami kesulitan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Alhamdulillah kalo memang benar ada kenaikan bantuan BPMU, tentu sedikit banyaknya akan membantu biaya operasional yang ada di sekolah,” ucapnya.

Biasanya, dana BPMU digunakan untuk berbagai kebutuhan sekolah. Antara lain membayar honor guru, ujian sekolah, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

“Biasanya bantuan kami gunakan untuk gaji guru dan kegiatan yang berhubungan dengan siswa,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin