Hasil Liga Europa: Barcelona vs Galatasaray 0-0

Pemain Barcelona Adama Traore melepaskan tembakan ke arah jantung pertahanan Galatasaray. Foto: AP

RADARBEKASI.ID, CATALAN – Klub elite Spanyol Barcelona gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah saat menghadapi wakil Turki Galatasaray di leg pertama babak 16 besar Liga Europa.

Bermain di Camp Nou, Barcelona hanya bermain imbang dengan skor 0-0, pada Jumat (11/3) dinihari WIB.


Barcelona bermain dominan dalam pertandingan ini. Mereka mencatatkan 15 percobaan, dengan empat yang mengarah ke gawang. Sementara itu, klub asal Turki itu hanya mampu menciptakan tiga peluang dan hanya sekali yang on target.

Barca langsung mengurung Galatasaray selama 20 menit. Mereka melancarkan serangkaian serangan dari berbagai sisi, tetapi tidak ada yang berujung menjadi tembakan.


Peluang emas pertama Barcelona hadir pada menit ke-26 lewat eksekusi tendangan bebas Memphis Depay. Bola bisa melewati pagar pemain dan mengarah ke gawang, tetapi Inaki Pena sukses menepis bola.

Galatasaray nyaris bikin kejutan pada menit ke-36. Sebuah serangan balik dituntaskan dengan tembakan Muhammed Kerem, tetapi bola masih sedikit meleset dari gawang kawalan Marc Andre Ter-Stegen.

Barcelona kesulitan menembus kotak penalti Galatasaray dan mereka beberapa kali mencoba mengancam lewat tembakan jarak jauh.

Tidak ada gol tercipta selama babak pertama. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Selepas turun minum, Barcelona masih menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-55, tim tuan rumah memiliki peluang mencetak gol lewat tendangan Adama Traore dari kotak penalti, tetapi bola masih bisa diblok bek lawan.

Barcelona nyaris merobek gawang Galatasaray pada menit ke-60. Bola tembakan Jordi Alba dari depan kotak penalti melebar tipis di sisi gawang.

Peluang emas terbuang sia-sia oleh Barcelona pada menit ke-75. Umpan silang Adama disambut dengan tembakan akrobatik Pierre-Emerick Aubameyang, yang kemudian disambut sontekan De Jong. Sayang bola sempat membentur tiang gawang sebelum mengarah tepat ke tangan Pena.

Galatasaray sempat mencetak gol pada menit menit ke-77 lewat sepakan Bafetimbi Gomis. Namun, wasit kemudian menganulir gol tersebut karena sang pemain sudah berada dalam posisi offside.

Tidak ada gol yang tercipta hingga wasit menyudahi pertandingan. Barcelona vs Galatasaray harus puas main imbang 0-0.

Barcelona membawa hasil ini ke kandang Galatasaray di leg kedua pada Jumat (18/3) dini hari WIB.

SUSUNAN PEMAIN:
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest, Ronald Araujo (Gerard Pique 46′), Eric Garcia, Jordi Alba; Nicolas Gonzalez (Sergio Busquets 46′), Frenkie de Jong, Pedri; Adama Traore (Luuk de Jong 80′), Ferran Torres (Ousmane Dembele 46′), Memphis Depay (Pierre-Emerick Aubameyang 71′).

Galatasaray (4-2-3-1): Inaki Pena; Sacha Boey, Victor Nelsson, Marcao, Patrick van Aanholt; Berkan Kutlu, Taylan Antalyali; Ryan Babel (Emre Kilinc 68′), Sofiane Feghouli (Alexandru Cicaldau 79′), Muhammed Kerem Akturkoglu (Baris Yilmaz 90′); Mostafa Mohamed (Bafetimbi Gomis 68′)

(wsa)