Berita Bekasi Nomor Satu

KPU Perkuat Data Pemilih

 Ketua  KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, mendorong para pihak berperan aktif bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk lakukan pendataan identitas baik secara individu, organisasi atau komunitas.

“Jadi, terkait data kependudukan itu menjadi dasar kami dalam menyusun Daftar pemilih tetap (DPT). Artinya, ini kan butuh peran aktif masyarakat untuk bisa menciptakan data yang akurat dan kualitas, dengan cara mendata kependudukan warga di sekitarnya supaya terdaftar di Disdukcapil,” kata Ketua  KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, Kamis (24/3).

Dia Juga berharap, seluruh warga Kota Bekasi mendapatkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 nanti.

“Data kependudukan atau KTP itu kan dasar kami dalam menetapkan DPT di Pemilu, dan kita mengandalkan data milik Disdukcapil. Untuk itu kami berharap, seluruh pihak baik itu personal maupun kelompok, khususnya parpol peserta pemilu bisa mendukung kami dalam melakukan pendataan kependudukan di Kota Bekasi ini,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufik Hidayat mengatakan, penyajian data pemilih atau DPT di Pemilu 2024 itu sesuai dengan amanat Dirjen Dukcapil Kemendagri, bahwa Disdukcapil di daerah  mendukung data berdasarkan kerjasama yang dilaksanakan antara Kemendagri dan KPU RI.

“Jadi, untuk mendukung data pemilih di saat Pemilu 2024 nanti itu data semua disupply dari Data Warehouse Dukcapil Kemendagri, dan kami di Kota Bekasi akan berkoordinasi dengan KPUD agar data dari KPU Pusat bisa sesuai dengan data Kemendagri,” terangnya.

Adapun pendataan penduduk di Kota Bekasi berdasarkan konsolidasi bersih di semester II tahun 2021, kata Taufik, total penduduk itu sebanyak 2,468,448 jiwa. “Data itu berbasis NIK yang terdaftar di kami dan tersaji dalam Warehouse Dukcapil Kemendagri,” tandas Taufik. (mhf)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin