AKD Baru Diklaim Proporsional

DPRD Kota Bekasi
ILUSTRASI : Petugas keamanan berjalan melintas didepan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi, belum lama ini. Sejumlah anggota dewan mengeluh karena menurun nya uang saku perjalanan dinas. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proses pergantian posisi tugas para anggota DPRD dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Kota Bekasi dinilai sejumlah politisi Kalimalang sudah proporsional. Hasil dari proses itu, Fraksi Golkar dan Gerindra Kota Bekasi pun akhirnya memperoleh jatah sebagai pimpinan AKD yakni Ketua Komisi I ditempati oleh Faisal dari Fraksi Golkar, dan Ketua Komisi III diisi oleh Murfati Lidianto.

Ketua Fraksi Golkar Persatuan Kota Bekasi, Dariyanto mengakui, komposisi AKD sudah proporsional dan pihaknya telah menerima secara baik apa yang ditetapkan di dalam proses tersebut. Terpenting, ujar dewan asal Dapil I ini, bagaimana kedepan kinerja dari anggota dewan sampai akhir jabatannya dapat lebih baik.


“Saya kira komposisi saat ini merupakan bagian dari hasil kesepakatan bersama anggota dewan yang telah diputuskan. Yang jelas, tentunya kita meski menjalani tugas kedepan bisa lebih baik sesuai tujuannya, yakni meningkatkan kinerja DPRD demi memberikan pelayanan masyarakat Kota Bekasi,” kata Dariyanto, Rabu (6/4).

Disisi lain, Ketua Fraksi PKS yang baru, Sardi Effendi mengakui, jabatan yang diterimanya ini merupakan hasil keputusan pimpinan partai, dalam rangka peningkatan kinerja kaitan fungsi-fungsinya, baik di Fraksi PKS maupun mengenai kedewanan di Kota Bekasi.


“Yang jelas, kita punya target 24 kursi di Pemilu 2024 mendatang. Jadi, fraksi sebagai panjang tangannya partai saya kira perlu juga jabarkan strategi pemenangan tersebut, dan tentu tidak melupakan juga dengan tugas kita di dewan untuk bagaimana meningkatkan kinerja kita, terutama bagi anggota fraksi PKS,” terangnya singkat.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan hal serupa. Menurutnya, proses yang telah dilakukan DPRD ada sesuatu hasil yang proporsional, sehingga semua fraksi bisa mendapatkan posisi pimpinan. Dan tentunya, hal ini menjadi momentum untuk bisa menjaga sinergitas antara anggota dewan dengan pihak pemerintah Kota Bekasi.

“Ya kami harapkan dengan komposisi yang kini proporsional menjadi momentum kita bersama-sama untuk meningkatkan kinerja dan juga bisa saling bersinergi dalam menciptakan kebijakan yang baik kedepan demi masyarakat Kota Bekasi kedepan,” tandasnya.

Diketahui, komposisi susunan AKD baru DPRD Kota Bekasi, untuk Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum, Pemilu, Kependudukan, posisi ketua ditempati Faisal (Fraksi Golkar Persatuan), Sekretaris Abdul Rozak (Fraksi Demokrat), Wakil Ketua Nuryadi Darmawan (Fraksi PDIP).

Sementara, Komisi II Bidang Infrastruktur, Pembangunan, Perhubungan dan lainnya posisi Ketua ditempati Arif Rahman Hakim (Fraksi PDIP), Sekretaris Alimudin (Fraksi PKS), Wakil Ketua Puspayani (Fraksi Gerindra).

Sedangkan di Komisi II, meliputi bidang keuangan BUMD dan lainnya, posisi Ketua ditempati Murfati Lidianto (Fraksi Gerindra), Sekretaris Abdul Muin Hafied, Wakil Ketua Bambang Supriyadi (Fraksi Golkar Persatuan).

Sedangkan Komisi IV Bidang Kesejahteraan (Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan Buruh, Olahraga dll) posisi Ketua Komisi ditempati Drajad Kardono (Fraksi PKS), Sekretaris Rasnius Pasaribu (Fraksi Golkar Persatuan), Wakil Ketua Rudi Heryansah (Fraksi PDIP).

Sementara untuk Badan Pembuatan Peraturan Daerah, dipimpin Nicodemus Godjang (Fraksi PDIP), Wakil Ketua Sodikin (Fraksi Demokrat). Sedangkan untuk Badan Kehormatan Dewan posisi ketua diisi oleh Bambang Purwanto (Fraksi PKS), Wakil Ketua , Aminah (Fraksi PAN). (mhf)