Berita Bekasi Nomor Satu

Infaq Beras untuk Dhuafa

MESIN ATM BERAS: Masruri (45) memperlihatkan mesin ATM beras di Masjid Besar Al Mukarromah Cikarang Utara Kabupaten Bekasi,  Selasa (12/4).ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Infaq beras bagi kaum dhuafa menjadi program unggulan Masjid Al Mukarromah Jalan RE Martadinata, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.  Program ini lebih masif dilakukan selama Ramadan.

“Program unggulan dari masjid Al Mukarromah adalah ATM beras untuk dhuafa, dan Alhamdulillah sekarang sudah mencapai 100 dhuafa untuk tahun 2022,” ujar Masruri (45), Pengelola Program Sosial Kemasyarakatan Masjid kepada Radar Bekasi, Selasa (12/4).

Diketahui jumlah dhuafa yang diberikan sembako oleh Masjid Al Mukarromah meningkat dari sebelumnya berjumlah 40 orang pada tahun 2020, meningkat 50 pada tahun 2021, dan sekarang mencapai 100 orang pada tahun 2022.

Jadwal infak hanya diselenggarakan pada hari Jum’at saja. Namun pada bulan Ramdan pihaknya menambah jadwal  untuk setiap hari membuka stand infak ATM beras.”Setiap Jum’at ada gerakan orang yang mungkin tidak bisa nyumbang beras sekarung tapi bisa bayar 10 ribu bisa kita kumpulin kita belikan beras. Beras itu nanti di masukan ke ATM Beras,” ucapnya.

“Pas bulan Ramadan ini kita lebih ditekankan lagi setiap hari sediakan tempat untuk jemaah atau musafir yang singgah di masjid ini ada ATM beras silahkan sedekah beras,” kata Masruri.

Adapun setiap tahun bagi dhuafa mendapatkan 8 kilogram beras dari hasil infak yang dilakukan setiap bulanya oleh masyarakat yang ingin berinfak berbentuk beras maupun uang.

“Kita kasih setiap bulannya 8 kilogram. Namanya membantu Insya Allah cukup, apalagi kebanyakan kaum dhuafa nya lansia yang di rasa 8 kilogram cukup untuk satu bulan,” jelasnya.

Berjalan hampir satu tahun dengan dikomandoi lima orang pengurus, program masjid ini bertahan dan berjalan dengan baik.

“Sudah setahun lebih, setelah pandemi tahun lalu kita sudah bergerak, untuk team sendiri ada lima orang. Di lapangan cuma ada tiga orang, dua orang yang mengurus fasilitas,” ucapnya.

Adapun pihak pengurus memiliki motto yaitu transparan, tepat sasaran, dan berkelanjutan. Dimana moto ini mereka tekankan supaya terus semangat dalam menjalankan ATM Beras tersebut.

Selain itu pihaknya pun bekerja sama dengan Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi untuk mengadakan pemberian sembako gratis bagi kaum dhuafa. “Kemudian Insya Allah Jumat depan, bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Bekasi akan memberikan 110 paket sembako bagi dhuafa,” tutupnya. (cr1).

Solverwp- WordPress Theme and Plugin