Berita Bekasi Nomor Satu

Lumat Manchester United, Liverpool Kuasai Puncak

Selebrasi pemain Liverpool setelah Mohamed Salah mencetak gol kedua ke gawang Manchester United. Foto: Reuters

 

RADARBEKASI.ID, LIVERPOOL – Liverpool mempermalukan Manchester United empat gol tanpa balas dalam laga pekan ke-30 Premier League bertajuk North West Derby di Anfield pada Rabu dini hari WIB, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Mohamed Salah mencetak dua gol dalam pertandingan ini, sedangkan dua gol lainnya disumbangkan oleh Luis Diaz dan Sadio Mane.

Kemenangan ini juga membuat Liverpool naik ke puncak klasemen sementara dengan 76 poin. Mereka unggul dua angka dari The Citizens yang akan bermain besok menghadapi Brighton & Hove Albion.

Sementara itu, United tetap berada di peringkat keenam dengan 54 poin. Setan Merah punya poin sama dengan Arsenal di posisi kelima dan tertinggal tiga poin dari Tottenham Hotspur di peringkat empat.

Liverpool sudah mampu membuka keunggulan pada menit ke-5. Kerja sama apik para pemain Liverpool di sisi kanan mampu melepaskan diri dari tekanan para pemain United.

Sadio Mane memberikan umpan ke Mohamed Salah yang tidak terkawal di sisi kanan. Dia kemudian langsung melepas umpan ke depan gawang United yang disambar oleh Luis Diaz untuk menaklukkan David de Gea. Skor menjadi 1-0.

Usai kebobolan, United langsung melakukan pergantian pemain. Paul Pogba digantikan oleh Jesse Lingard ketika laga baru berjalan 10 menit.

Dias kembali mengancam pada menit ke-11. Menerima umpan silang dari Thiago, dia bisa menanduk bola di dalam kotak penalti. Namun, sundulannya masih melambung.

Liverpool tampil dominan hingga memasuki pertengahan babak pertama dan tim tamu sulit lepas dari tekanan.

Liverpool bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Gol kembali lahir dari kerja sama apik umpan pendek pemain Liverpool.

Sodoran bola Joel Matip langsung diteruskan Mane menuju Salah yang lolos dari kawalan pemain United. Salah dengan tenang melepas tembakan mendatar yang mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Pada menit ke-34, Diaz sempat mencetak gol meneruskan umpan Fabinho. Namun, gol ini kemudian dianulir karena Diaz lebih dulu offside.

Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Jadon Sancho yang baru masuk menggantikan Phil Jones coba mengancam. Namun, tembakannya usai menusuk dari sisi kiri masih bisa dibandung Alisson.

Penampilan United sempat membaik di awal babak kedua. Meski demikian, Liverpool tetap mendominasi penguasaan bola.

Pada menit ke-70, Liverpool mencetak gol ketiga mereka. Bermula dari keberhasilan Andrew Robertson mematahkan serangan United, dia kemudian menggiring bola hingga daerah pertahanan lawan sebelum memberikannya Dias di sisi kiri.

Dias melepas umpan tarik yang langsung disambar Mane dengan sepakan first time, yang menjebol pojok kiri gawang De Gea.

United benar-benar tidak berdaya. Liverpool bahkan mencetak gol keempat pada menit ke-85 lewat sontekan Salah di kotak penalti setelah menerima umpan Diogo Jota.

Liverpool menutup pertandingan dengan kemenangan 4-0.

Susunan Pemain:
Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho (86′ James Milner), Thiago Alcantara (80′ Naby Keita); Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz (70′ Diogo Jota).

Manchester United (3-4-3): David de Gea; Phil Jones (46′ Jadon Sancho), Harry Maguire, Victor Lindelof; Aaron Wan-Bissaka, Paul Pogba (10′ Jesse Lingard), Nemanja Matic, Diogo Dalot; Anthony Elanga (84′ Hannibal Mejbri), Marcus Rashford, Bruno Fernandes.

(wsa)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin