Pengurus IDI Sampaikan Tiga Materi Penting di Acara Webinar

ANTUSIAS: Peserta antusias mengikuti webinar. ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (PB) Kabupaten Bekasi dr Johny David Mokodompis menyampaikan tiga materi penting saat menjadi narasumber dalam webinar Forum Anak Persatuan Remaja dan Anak Kabupaten Bekasi  bertajuk Sehat dan Berprestasi Bersama Forum dan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI), Sabtu (23/4).


Webinar yang menghadirkan Ketua Umum APSAI Kabupaten Bekasi Sosiawan Putra Surbakti sebagai keynote speaker itu diikuti 500 peserta yang berasal dari luar Bekasi, yaitu Medan, Aceh, Palopo Sulawesi, Surabaya, Jakarta dan Sidoarjo.

Pertama, dr Johny menyampaikan terkait Generasi Sehat Indonesia Layak Anak yang dapat diwujudkan melalui penerapan 3B yakni Bersih Diri, Bersih Makanan, dan Bersih Lingkungan.


“Generasi Sehat menuju Indonesia Layak Anak ini bisa dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu 3B,” ujar dr Johny.

Kedua, dirinya menyampaikan materi terkait anti bullying yang saat ini kerap terjadi di kalangan remaja khususnya lingkungan sekolah. Menurutnya, bullying terjadi ketika orang-orang dengan sengaja dan berulang kali menggunakan dan menyalahgunakan kekuasaan mereka untuk menyakiti, mengganggu, dan menyiksa.

“Kekerasan anti bullying ini harus dicegah, dimana pencegahan ini bisa diatasi bersama. Dan Forum Anak Persatuan Remaja dan Anak Kabupaten Bekasi bisa jadi salah satu penggeraknya,” katanya.

Ketiga, mengenai bahaya rokok. Dikatakannya, dari merokok akan terbuka pintu masuk menuju narkoba sehingga penting bagi generasi muda agar terhindar dari kebiasaan merokok.

“Banyak kerugian yang didapat dari kebiasaan merokok dan biasanya anak-anak usia remaja lah yang berbahaya. Karena dari merokok akan terbuka pintu masuk menuju narkoba,” tuturnya.

Sementara, Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi Rahmawati memberikan pemaparan materi mengenai sinergi Forum Anak dan posyandu remaja menuju Indonesia sehat layak anak.

Rahmawati menyampaikan, semua anak yang berusia di bawah 18 tahun dan dimulai dari usia 12 tahun berada dalam wadah forum anak. Forum Anak mewadahi OSIS, Pramuka, sanggar anak jalanan klub, olahraga dan lainnya.

“Forum Anak ini merupakan wadah bagi anak-anak untuk menjadi pelopor dan pelapor agar hak-hak anak terpenuhi,” katanya. (dew)