Antusias Ikut Bekasi Mengaji

BACA ALQURAN: Sejumlah warga membaca Alquran pada acara Bekasi Mengaji di depan Islamic Centet, pedestrian Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (27/4). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ratusan masyarakat antusias mengikuti rangkaian acara Bekasi Mengaji yang dihelat ICMI Orda Bekasi bekerjasama Yayasan Nurul Islam KH Noer Ali, Badan Wakaf Alquran, di depan Islamic Center, Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan, Rabu (27/4).

Tujuan dihelatnya Bekasi Mengaji selain sesuai visi dan misi Kota Bekasi, juga meningkatkan kecintaan masyarakat Kota Bekasi terhadap Alquran, bertepatan di momen Ramadan 1443 Hijriah.


“Nah, hari ini kita dorong masyarakat untuk bersama-sama mengaji, membaca Alquran dalam rangka untuk membantu visi dan misi nya pemerintah Kota Bekasi yaitu salah satunya membentuk masyarakat madani, masyarakat Bekasi yang Ihsan,” Ketua ICMI Orda Bekasi Faisal Mauliza saat ditemui di lokasi, Rabu (27/4).

Adapun lokasi kegiatan Bekasi Mengaji tersebut diselenggarakan di sepanjang pedestrian depan Islamic Center hingga Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.


“Ya kita memang mengambil momen disini karena pertama ini kan bulan suci Ramadan dan kita untuk syiar nya itu kita ambil momen di depan islamic center dan islamic center ini menjadi titik nol, dimana masyarakat kita arahkan untuk menggunakan pedestrian ini karena ini sudah bagus sekali sudah dibangun oleh pemerintah Kota Bekasi,” jelasnya.

Adapun panitia sudah menargetkan 1300 peserta. Kegiatan tersebut beragendakan pembagian 1300 Alquran dan takjil untuk buka puasa selama kegiatan itu berlangsung.

“Kita menargetkan kurang lebih 1300 karena titik nol dari islamic center ini ke pemkot itu hanya 1,5 km, artinya ada space 1500 meter persegi. Nah itu kita harapkan dalam satu meter ada jemaah jadi sampai ujung kantor pemkot itu ada 1500, tercukupi lah maka ditargetkan 1300,” tuturnya.

Selain itu pihaknya lebih memfokuskan untuk pesertanya Warga Bekasi. Adapun pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak untuk terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kita memang mengimbau masyarakat Kota Bekasi, jadi kita bekerjasama dengan beberapa Universitas, UNISMA, STIAMI, IBM dan ada beberapa perguruan tinggi dari majelis taklim BKMT, pimpinan Ustadzah Khatifah Hasan kemudian dari Dewan Dakwah, kemudian kita bekerjasama dengan BAZNAS,” kata Faizal.

Pihaknya berharap kegiatan pertama ini akan terus berlanjut kedepannya supaya masyarakat Bekasi bisa mencintai Alquran setiap saat. “Insya Allah ini menjadi menjadi budaya masyarakat Kota Bekasi untuk mencintai Alquran setiap hari, setiap saat, bisa membaca Alquran. Kita baru menginisiasi ini pertama kali, dan kedepannya Insyaallah kita akan mengadakan lagi,” pungkasnya

Sementara Muti (60) selaku peserta kegiatan Bekasi Mengaji mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Selain silaturahmi dengan beberapa jamaah ia pun bangga dengan masyarakat Bekasi yang masih banyak yang mencintai Alquran.

“Sangat senang, saya bisa silaturahmi dengan beberapa jemaah masjid lainnya, dan saya bangga warga Bekasi masih antusias dengan acara ini. Terlihat masyarakat Bekasi masih cinta sama Alquran,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Adapun harapan Muti kedepannya panitia bisa lebih meningkatkan kembali persiapan Bekasi Mengaji dengan menambah anggota panitia guna mengkondisikan peserta saat kegiatan dimulai.

Kedepannya ini akan terus diselenggarakan lagi, dan kedepannya panitia lebih mempersiapkan kegiatan yang lebih matang lagi,” tutupnya. (cr1)