Seleksi Kendaraan di Pintu Tol

PERSIAPAN GAGE : Petugas polisi mengatur arus lalu lintas di depan gerbang Tol Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (28/4). Dirlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan filterisasi kendaraan berplat ganjil dan genap di gerbang Tol Bekasi Barat untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan yang panjang selama arus mudik lebaran 2022. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Mulai pukul 17:00 WIB, puluhan petugas mulai berjaga di pintu masuk tol Bekasi Barat, Kota Bekasi. Selain memastikan arus lalu lintas berjalan lancar, petugas akan memilah kendaraan yang boleh masuk tol arah Cikampek hanya berplat sesuai tanggal ganjil atau genap.

Skenario One Way di jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) diberlakukan situasional memperhatikan kepadatan volume lalu lintas, One Way dilaksanakan berbarengan dengan skema Ganjil Genap (Gage) selama empat hari, mulai Kamis (28/4) sampai Minggu (1/5).


Sejak dini hari kemarin, volume lalu lintas makin meningkat. Di ruas tol Japek, telah diberlakukan kebijakan Contraflow dini hari, dilanjutkan pada pagi hari berikut dengan kebijakan buka tutup jalan tol layang.

Peningkatan arus lalu lintas pemudik dibenarkan oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Hengki. Peningkatan arus lalu lintas arteri terpantau di pos pemantauan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani.”Diprediksi nanti selepas tarawih juga akan kepadatan, mungkin sahur pagi hari nanti ya,” katanya, Kamis (28/4).


Pihak kepolisian akan bersiap menjalankan rekayasa lalu lintas di arteri berupa perubahan operasional Jalan M Hasibuan. Selain itu, petugas juga akan bersiap untuk memilah kendaraan di pintu masuk Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, Kota Bekasi lima hari kedepan pada arus mudik.

Jika kepadatan terjadi di jalan tol, maka hari ini kendaraan yang bisa masuk ke arah Cikampek adalah kendaraan berplat Ganjil, tepat tanggal 29 April 2022.”Semua sudah dipersiapkan, terutama pada hari ini rekayasa lalu lintas ganjil genap yang akan diberlakukan pada pukul 17:00 WIB sore hari ini sampai 24:00 WIB nanti malam,” tambahnya.

Kemarin, kebijakan Contraflow sudah dilakukan di tol Japek, tercatat dilakukan mulai Rabu (27/4) pukul 23:20 WIB sampai Kamis (28/4) pukul 04:55 WIB. Contraflow kembali dilakukan pukul 06:00 WIB untuk mengurai kepadatan di jalan tol, mulai KM 70 sampai KM 86.

Volume kendaraan disebut meningkat signifikan sejak Kamis (28/4) dini hari. Mulai pukul 12:35 WIB, Contraflow dimajukan mulai dari KM 65. Kepadatan volume kendaraan terpantau di akses menjelang rest area KM 57 pada pukul 15:00 WIB.

“Pemberlakukan Contraflow merupakan diskresi kepolisian yang juga dilakukan secara situasional dengan melihat update kondisi lalu lintas,” terang Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru.

Kepadatan lalu lintas Kamis pagi kata Heru merupakan imbas dari kepadatan di akses masuk rest area KM 86 Tol Cipali.

Total saat ini ada 22 unit gardu tol yang dioperasikan di GT Cikampek Utama menuju Tol TransJawa. Pihaknya meminta pengguna jalan untuk tidak parkir di bahu jalan pada saat rest area ditutup lantaran membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

“Jika rest area penuh maka akan dilakukan buka tutup rest area oleh pihak kepolisian. Kami himbau pengguna jalan untuk berhenti di rest area berikutnya, atau bisa keluar di akses-akses keluar tol terdekat,” tukasnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menilai, situasi lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya masih lancar.”Ini adalah skenario one way jadwal pertama Kalau kita lihat situasi lalu lintas sekarang yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya masih lancar, kita terus berkomunikasi dengan jajaran direktorat lalu lintas baik yang ada di Polda Jawa Barat, Jawa Tengah, melalui Kakorlantas,” ujarnya saat ditemui di Km 29 Jakarta-Cikampek.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengimbau masyarakat memastikan dalam kondisi baik saat melaksanakan mudik. Selain itu, kelayakan kendaraan yang digunakan juga harus baik, mulai dari kondisi ban, rem hingga saldo uang elektronik.

“Persiapkan saldo tol yang cukup karena hal-hal ini ketika terjadi sesuatu apakah kecelakaan atau karena kurang saldo tol akan menimbulkan kemacetan,” pungkas Ramadhan.

Pengendara juga diminta tidak berhenti di bahu jalan. Lalu, menaati aturan lalu lintas sesuai petunjuk petugas di lapangan. Informasi kondisi lalu lintas dapat menghubungi Call Center 1500669 dan sms center 9119, WhatsApp center di nomor 08517155292. (Sur/pra/jpc)