Berita Bekasi Nomor Satu

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Dunia

Rizki Juniansyah. Foto: PBESI

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Lifter putra Indonesia Rizki Juniansyah kembali menorehkan tinta emas di Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior 2022 yang berlangsung di Heraklios, Yunani. Rizki berhasil memecahkan rekor dunia sekaligus menyabet medali emas, Jumat (6/5).

Rizki yang turun pada kelas 73 kg membawa pulang medali emas untuk tiga kategori setelah mencatatkan angkatan snatch 156 kg, clean and jerk 185 kg, dan total angkatan 341.

Tak hanya merebut emas, lifter berusia 19 tahun itu juga mempertajam rekor dunia junior snatch atas namanya sendiri. Sebelumnya, Rizki adalah pemegang rekor dunia yang dia ukir di Kejuaraan Dunia Junior di Tashkent, Uzbekistan dari 155 kg menjadi 156 kg.

“Saya memang hanya menaikkan satu kilo saja karena saya tidak mau terlalu ‘ngoyo’, mengingat jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia,” ujar Rizki dalam keterangan tertulisnya.

Medali perak kelas 73 kg diraih lifter Kazakhstan, Alexey Churkin dengan angkatan snatch seberat 146 kg, clean and jerk 183 kg, dan total angkatan 329 kg.

Sementara medali perunggu menjadi milik lifter Amerika Serikat Henry Ryan Grimsland dengan total angkatan 327 kg, dengan snatch 145 kg dan clean and jerk 182 kg.

Sebelumnya pada Selasa (3/5), lifter lainnya Indonesia Windy Cantika Aisah juga meraih medali emas di kelas 49 kg setelah membukukan angkatan snatch 83 kg, clean and jerk 102 kg dan total angkatan 185 kg. (wsa)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin