Rusia Stop Pasokan Gas Eropa, Harga Minyak Dunia Makin Ugal-ugalan

Kepala sumur dan rig pengeboran di Lapangan Minyak Yarakta, milik Irkutsk Oil Company (INK), di wilayah Irkutsk, Rusia, 11 Maret 2019. Foto: ANTARA/REUTERS/Vasily Fedosenko/as

 

RADARBEKASI.ID, RUSIA – Harga minyak di pasar energi dunia kian tak terkendali. Menyusul keputusan Rusia memberi sanksi kepada sejumlah perusahaan gas Eropa. Keputusan Rusia ini memicu harga minyak dunia makin ugal-ugalan.


Harga minyak dilaporkan melonjak lebih dari lima persen pada akhir perdagangan Rabu atau Kamis pagi WITA setelah aliran gas Rusia ke Eropa turun drastis.

Rusia pada Rabu kemarin (11/5) memberikan sanksi kepada 31 perusahaan yang berbasis di negara-negara yang memberlakukan sanksi terhadap Moskow setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu.


Keputusan Rusia tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa gangguan serupa dapat terjadi bahkan ketika harga sudah melonjak. Masalah kian pelik setelah aliran gas Rusia ke Eropa melalui Ukraina turun seperempat setelah Kyiv menghentikan penggunaan rute transit utama, menyalahkan campur tangan pasukan pendudukan Rusia.

Ini adalah pertama kalinya ekspor melalui Ukraina terganggu sejak invasi militer terjadi. Langkah itu menimbulkan kekhawatiran bahwa gangguan serupa dapat terjadi bahkan ketika harga sudah melonjak. (zar/jpnn)