Komisi 1 Mendorong Dukcapil, Lurah, Camat Jemput Bola Pelayanan Akta Kelahiran dan Kematian

Illustrasi ASN Pemkot Bekasi mengikuti apel di Stadion Patriot Candrabhaga.

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Komisi 1 DPRD Kota Bekasi meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) aktif jemput bola melayani pembuatan  Akta Kelahiran dan Akta Kematian.


Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Faisal, menyinggung pesan Plt Wali Kota saat apel di Stadion Candrabhaga agar para ASN, terutama lurah, camat juga fokus memberikan pelayanan administrasi kependudukan.

“Dan terkait SKPD yang membidangi ini semisal Disdukcapil, jangan karena Plt mengatakan ini adalah fungsi camat dan lurah. Terus mereka diam, seharusnya mereka mendengar itu, membantu membuat SOP di bawah bagaimana lurah dan camat bertindak,” ucapnya.


Jadi kalau sampai dalam dua minggu kedepan ini tidak ada laporan dari masyarakat yang menyenangkan, imbuh Faisal, terkait kinerja dan pelayanan, brarti apel yang kemarin disampaikan oleh Plt Wali Kota hanya berdiri panas-panasan saja.

“Jadi saya berharap Lurah dan Camat memperhatikan betul yang menjadi masukan Plt. SKPD atau Disdukcapil yang membidangi betul-betul berkaitan langsung dengan program tersebut. Tolong ikut memantau dan membuatkan SOP bagaimana selayaknya camat dan lurah itu bertindak atas instruksi tersebut,” ujarnya. (adv)