Lakukan Pemeriksaan Titik Masuk CFD

ILUSTRASI: Warga ketika memadati area CFD Jembatan Summarecon Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan sebelum dilakukan penutupan akibat melonjaknya kasus Covid-19. Minggu (29/5) CFD akan kembali dihelat. DOK/RADAR BEKASI

Dihelatnya kembali hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan, berpotensi memicu kerumunan warga. Sehingga Pemkot Bekasi mengingatkan protokol kesehatan harus tetap dijaga oleh pengunjung di tengah masih terjadinya penularan Covid-19.

Bahkan Pemkot Bekasi juga mewacanakan melakukan pengecekan protokol kesehatan termasuk suhu tubuh pengunjung di area pintu masuk CFD.


“Memakai masker pun penting karena Presiden Jokowi pun berpesannya silahkan membuka masker di ruang terbuka, namun di saat tidak padat orang, maka usahakan lah tetap memakai masker untuk kesehatan diri sendiri begitupun dengan menjaga jarak. Booth vaksinasi juga akan ada dari Dinkes, serta akan ada pemeriksaan suhu tubuh di titik masuk CFD,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Yayan Yuliana.

Terkait berapa lama pelaksanaan CFD Yayan menjelaskan, waktu CFD sama seperti pelaksanaan sebelumnya mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00. Pihaknya juga tidak melarang pedagang untuk berjualan namun harus tertata.


“Tidak berbeda dengan sebelumnya, CFD dimulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 09.00, dan untuk pedagang ada yang berjualan, namun ditata sedemikian rupa agar teratur dan tidak membludak, karena tetap kami perlu mencegah kerumunan yang sangat padat sehingga CFD tetap tertib,”sambung pria yang juga mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi ini.

Lanjut Yayan, personel kebersihan DLH juga akan dikerahkan untuk kebersihan lingkungan serta Dishub untuk mengatur lalu lintas sehingga benar-benar bebas dari kendaraan bermotor. ‚ÄĚSerta juga menjaga selama penutupan jalan, dan Satpol PP yang akan menjaga dan mengamankan,”tambahnya.
Pihaknya juga menegaskan, pengunjung harus tetap menjaga lingkungan tetap bersih. “Silahkan kepada siapapun warga Kota Bekasi datang dan kembali manfaatkan CFD, tapi jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dengan buang sampah pada tempatnya serta penting untuk kurangi sampah plastik, dan tertib agar semua pengunjung merasa nyaman,” pungkas Yayan. (one/hms).