Saling Bertukar Pikiran

Hamdanih, Ketua MGMP IPS SMP Kota Bekasi

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP Kota Bekasi yang diketuai oleh Hamdanih selalu menekankan kepada para anggotanya agar saling bertukar pikiran.


Bagi Hamdanih, saling bertukar pikiran menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan program organisasi. “MGMP IPS memiliki program yang sangat banyak dan semua itu penuh tantangan. Tapi kami yakin semua program itu dapat berjalan dengan baik, karena kami selalu ingin melengkapi satu sama lain dengan saling bertukar pikiran,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Sabtu (18/6).

Bagi MGMP IPS, salah satu tantangan terbesar saat ini bagi guru adalah kemajuan zaman yang cepat berubah. Menurut Hamdanih, tenaga pengajar harus mampu menghadapi perkembangan tersebut


“Di era digital seperti sekarang ini, guru-guru IPS harus mampu menjawab perubahan-perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan. Semua itu bisa dilewati dengan kerjasama yang baik,” tuturnya.

Saat ini para anggota MGMP IPS  rutin belajar bersama, berkolaborasi, dan saling memberikan informasi dalam rangka menyikapi serta mempersiapkan kemampuan guru. Hamdanih berharap, guru tidak cepat berpuas diri dengan ilmu yang didapat.

“Kita ingin guru-guru tidak mudah merasa puas dengan ilmu yang sudah dimiliki, tetapi kita ingin guru-guru IPS bisa terus menerus mencari hal-hal baru dan selalu siap menerima perubahan di dunia pendidikan,” katanya.

Hamdanih mengatakan, para guru selalu mengalami kendala waktu ketika ingin melakukan suatu perubahan. Kendati demikian, kata dia, hal itu tetap dilakukan.

“Kita harus menggunakan waktu semaksimal mungkin karena di sela kesibukan  yang sangat dan berusaha mampu meluangkan waktu untuk mengingatkan dan mengajak guru-guru IPS agar berkumpul, bermusyawarah, berkolaborasi, demi tercapainya mencetak generasi muda yang handal, pintar, cerdas dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Kedepan, Hamdanih berharap, kehadiran MGMP IPS SMP Kota Bekasi dapat menjawab tantangan, perubahan, dan menghilangkan rasa haus ilmu bagi para guru-guru IPS.

“Saya yakin dengan hadirnya MGMP IPS Kota Bekasi akan membawa  perubahan ke arah yang lebih maju, baik guru-guru, terlebih untuk siswa kita semua. Dengan demikian insyaallah peserta didik menjadi generasi yang cerdas, kreatif, berkarakter, dan berakhlak mulia,” pungkasnya.

Senang Bersosialisasi

Guru berusia 47 tahun ini sangat senang bersosialisasi dengan orang-orang di sekelilingnya. “Saya saat ini aktif sebagai pembina remaja masjid di rumah. Saya juga gak tahu kenapa sangat senang sekali bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekeliling saya,” ungkap Hamdanih.

Dengan aktif bersosialisasi, baginya banyak hal yang bisa didapatkan. Selain pengalaman, tali persaudaraan dapat terbangun secara luas. “Bersosialisasi itu bisa membuat kita memiliki banyak pengalaman, selain itu juga bisa menjalin silaturahmi persaudaraan yang luas. Karena kita itu hidup memang harus bisa bersosialisasi dengan baik,” katanya.

Selain aktif sebagai pembina remaja masjid, Hamdanih juga selalu berupaya untuk selalu terlibat dalam rangkaian kegiatan yang diadakan di lingkungan tempat tinggalnya.

“Saya ingin selalu ingin terlibat sekecil apapun itu, karena menurut saya dengan ikut terlibat maka kita sudah bisa berkontribusi dengan baik dalam bersosialisasi,” ujarnya. Dirinya akan terus meningkatkan komunikasi serta silaturahmi kepada sesama warga.”Saya akan terus menjaga silaturahmi ini dengan baik, karena sekali lagi hidup adalah untuk bersosialisasi. Jika kita tidak bisa bersosialisasi maka hidup akan terasa hampa,” pungkasnya. (dew)

BIODATA

Hamdanih

Lahir: Bekasi, 20 Juli 1975

Riwayat Pendidikan:

  • SDN Cakung Payangan Pondok Gede (1988)
  • MTs Darul Hikmah Kota Bekasi (1991)
  • MA Darul Hikmah Kota Bekasi (1994)
  • S1 Ekonomi Manajemen Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta (2002)