Proses Reakreditasi Memasuki Tahap Akhir

ILUSTRASI: Siswa menampilkan hasil karya ramah lingkungan dalam acara Gebyar Project Expo di SMPN 12 Kota Bekasi. Proses reakreditasi memasuki tahap akhir. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proses reakreditasi memasuki tahap akhir. Setelah mengajukan perpanjangan akreditasi dan mendapat pembekalan, kini sekolah di Kota Bekasi tengah melakukan unggah berkas administrasi.


Diketahui, sebanyak 164 sekolah di Kota Bekasi terdiri dari 118 SD dan 46 SMP akan mengikuti reakreditasi. Asesor Akreditasi Supyanto menjelaskan, dalam reakreditasi sekolah harus melewati beberapa tahapan.

“Rangkaian proses reakreditasi ini memang cukup panjang, dimulai dari proses pengajuan, pembekalan, sampai dengan penguploadan data administrasi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (28/6).


Menurutnya, terdapat sejumlah berkas administrasi yang harus diunggah. Antara lain, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), rapor mutu, nilai ujian, dan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS).

Proses unggah berkas dimulai sejak 14 Juni 2022 dan berakhir pada 2 Juli 2022.  “Jadi kurang lebih waktunya sebentar lagi dan itu wajib dilakukan oleh sekolah yang sedang melakukan proses reakreditasi,” ucapnya.

Proses unggah berkas administrasi wajib dilakukan untuk kemudian dilakukan visitasi oleh asesor kepada sekolah tujuan yang sedang melakukan proses reakreditasi.

“Setelah mengupload selesai, maka tinggal menunggu jadwal visitasi dari pihak Badan Akreditasi Nasional (BAN),” tuturnya. Biasanya, proses visitasi dilakukan selama dua hari untuk satu sekolah. (dew)