Kontrol Hewan Kurban, DKPPP Terjunkan Tim Kesehatan Hewan

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Untuk memastikan hewan kurban yang dijual pedagang sehat. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi menyebar puluhan petugas kesehatan.


Kapala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Pada DKPPP Kota Bekasi, Wadi Rimal mengatakan, pemeriksaan kesehatan untuk menjamin kesehatan hewan kurban yang dijual pedagang.

“Kita telah menyebar petugas kesehatan di 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi. Kita lakukan untuk memastikan hewan yang dijual sehat kepada masyarakat untuk berkurban,” kata Wadi sapaan akrabnya kepada RADARBEKASI.ID, saat dihubungi Selasa (5/7).


Nantinya, lanjut dia, petugas kesehatan yang disebar di 12 kecamatan itu akan melakukan pengontrolan kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan hewan dilakukan oleh petugas dari DKPPP, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

“Ya misalnya demam panas akan kita berikan obat. Kita tidak akan berikan antibiotik atau vaksin kepada hewan yang dijual untuk berkurban,” ucapnya.

Namun, kalau untuk obat biasa itu akan diberikan kepada hewan. Bagi hewan yang sehat juga pihaknya akan memberikan stiker Sehat. Sebab, pengontrolan kesehatan hewan yang dijual untuk kurban akan dilakukan hingga H – 1.

“Kita juga membuka aduan kepada masyarakat. Apabila ternaknya sakit kita siap dan akan kita kontrol langsung. Kita juga berharap pedagang dan kita saling komunikasi. Kita juga meminta penjual hewan kurban mengikuti aturan disiplin dan pengobatan yang kita lakukan gratis. Bagi hewan yang sakit kita tidak berikan stiker Sehat,” ungkapnya. (pay)