Menteri ATR/BPN Klaim PTSL di Kota Bekasi Gratis

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto (kanan) membagikan sertifikat PTSL ke warga Pondok Melati, Rabu (6/7).

 

RADARBEKASI.ID, PONDOK MELATI – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto mengunjungi tiga Kelurahan yang ada di Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu (6/7).


Kedatangan mantan Panglima TNI yang kini jadi menteri itu, guna memastikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berjalan dengan lancar.

Dalam kunjungan ini, Menteri Agraria didampingi Dirjen BPN, Kepala Kantor PTSL Kota Bekasi serta Plt. Wali Kota Bekasi. Menteri Hadi langsung membagikan sertifikat PTSL secara door to door di Kelurahan Jatiwarna dan Jatimelati.


Hadi Tjahjanto menilai, pengurusan sertifikat melalui PTSL di Kota Bekasi berjalan baik. Hal ini diungkapkan dia setelah berinteraksi langsung dan menanyakan sendiri kepada masyarakat.

“Saya sendiri sudah ngecek langsung ke masyarakat tadi saya tanya apakah ditarik biaya jawabannya gratis, apakah lama? cepat sekali,” katanya saat ditanya awak media, Rabu (6/7).

Menurutnya, dari target 126 juta sertifikat di seluruh Indonesia, pihaknya telah menyelesaikan 80 juta sertifikat. Sehingga tinggal tersisa 46 juta sertifikat lagi yang harus dibereskan.

“Mudah-mudahan masyarakat memiliki kepastian hukum atas haknya, sehingga masalah tumpang tindih (sertifikat tanah) akan kecil, kemungkinan akan nol dan tidak ada lagi,” terangnya.

Ketika ditanya persoalan pungli yang terjadi di Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, dirinya langsung menyangkal tidak ada pungli, semuanya gratis.

“Tadi saya tanya masyarakat semuanya gratis tidak ada pungutan biaya lain lain, saya juga ingin Kecamatan Pondok Melati menjadi kecamatan lengkap sertifikat,” tutupnya. (pay)