Jenis-Jenis Asuransi, Apa Itu Total Loss Only?

Asuransi merupakan sebuah produk yang sudah ada sejak lama. Fungsinya sebagai jaminan risiko finansial yang bisa terjadi kapan saja.

Maka dari itu, penting sekali memiliki asuransi dan memahami dengan bijak asuransi seperti apa yang dibutuhkan.


Untuk mengetahui pilihan yang tepat, Anda bisa memilih produk asuransi di Lifepal. Termasuk, asuransi Total Loss Only (TLO) sebagai salah satu jenis proteksi kendaraan roda empat.

Pertanyaannya kini, asuransi TLO, apa itu? Nah, buat mengetahuinya, mari simak dalam pemaparan berikut ini!


Macam-Macam Produk Asuransi di Lifepal

Ada banyak sekali jenis produk asuransi yang perlu anda ketahui dan pelajari sebelum memutuskan memiliki sebuah asuransi.

Asuransi Jiwa

Asuransi ini memiliki sistem yang menawarkan jaminan finansial kepada ahli waris ketika nasabah yang memiliki asuransi telah meninggal dunia.

Dengan adanya asuransi tersebut, diharapkan dapat membantu kondisi finansial ahli waris sampai bisa mandiri sendiri. Beberapa di antara bahkan bisa membantu biaya pendidikan bagi anak.

Asuransi Kesehatan

Asuransi yang satu ini termasuk sangat penting. Akan bagus bila anda menyiapkan asuransi kesehatan jauh-jauh hari sebelum usia 30 tahun. Di atas usia tersebut biasanya prem yang harus dibayarkan menjadi jauh lebih tinggi.

Asuransi Mobil

Bagi anda pengendara mobil yang tinggal di daerah perkotaan, asuransi satu ini sangat dibutuhkan mengingat begitu tingginya tingkat mobilitas.

Terutama penggunaan mobil yang terus menerus dipakai. Dengan adanya asuransi, keamanan mobil Anda akan lebih terjamin.

Asuransi Unit Link

Asuransi yang satu ini menggabungkan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Maka dari itu, dinamakan dengan asuransi unit link.

Bila Anda mengikuti asuransi ini anda akan mendapatkan keuntungan dobel, investasi dan proteksi.

Asuransi Kecelakaan

Jenis yang satu ini nantinya akan memberikan bantuan (santunan) kepada nasabah yang mengalami kecelakaan dengan risiko meninggal dunia, cedera, cacat tetap, dan cacat sebagian.

Syaratnya yaitu kecelakaan yang terjadi adalah jenis kecelakaan kerja, perjalanan, dan lalu lintas.

Asuransi Pensiun

Bagi anda yang belum mendapatkan asuransi resmi dari perusahaan, anda bisa mengajukan asuransi swasta di perusahaan-perusahaan khusus yang menangani asuransi pensiun. Dengan begitu jaminan hari tua Anda akan aman.

Asuransi Perjalanan

Bagi anda yang seringkali bepergian ke luar negeri, ada baiknya untuk memiliki asuransi yang satu ini. Apabila ada perjalanan yang tiba-tiba harus anda batalkan, asuransi ini akan memberikan ganti rugi. Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang akan anda peroleh.

Asuransi Proyek

Asuransi proyek berfungsi untuk menjamin kerugian selama masa proyek berlangsung. Misalnya saat terjadi kecelakaan kerja, terjadinya kerusakan saat melakukan pengiriman mesin, dan masih banyak lagi.

Asuransi Properti

Properti-properti besar yang anda miliki sebaiknya dilindungi dengan asuransi ini. Misalnya ada kebakaran atau pencurian yang tentu tidak diinginkan, asuransi ini akan membantu memberikan ganti rugi.

Asuransi Syariah

Bagi Anda yang menginginkan asuransi tanpa adanya riba, bisa memilih jenis asuransi syariah. Prinsip asuransi yang satu ini merupakan tolong menolong jadi Anda tidak perlu khawatir apabila premi yang dibayarkan menjadi hak milik perusahaan, karena asuransi ini menetapkan premi tetap milik nasabah.

Asuransi Kumpulan

Jenis asuransi yang ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan untuk menjamin para karyawannya. Sesuai dengan namanya, dalam satu polis anda bisa mendatarkan banyak sekali anggota.

Apa Itu Asuransi TLO?

Selain berbagai jenis asuransi di atas ada juga asuransi Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Kedua jenis asuransi ini biasanya akan anda temukan pada asuransi mobil.

Asuransi TLO berbeda dengan asuransi All Risk. Apabila asuransi All Risk memberikan jaminan penuh pada kerusakan mobil, asuransi TLO sedikit berbeda. Terkait premi yang dibayarkan pun lebih mahal asuransi All Risk.

Asuransi TLO ini menanggung biaya kerusakan pada mobil dengan kerusakan total lebih dari 75%. Sementara itu, asuransi All Risk akan tetap menanggung kerugian terhadap kerusakan kecil sekalipun. Maka dari itu, asuransi All Risk menetapkan biaya premi yang lebih mahal daripada asuransi TLO.

Selain kerusakan total di atas 75%, asuransi TLO juga bisa diklaim apabila mobil anda hilang. Namun, tentu saja tidak ada yang berharap hal itu terjadi.

Itulah hal-hal seputar asuransi TLO dan asuransi All Risk. Juga macam-macam asuransi yang ada di Lifepal. Anda bisa membacanya sebagai sumber referensi terkait dunia asuransi.

Tentunya sebelum Anda memutuskan untuk memilih asuransi yang paling cocok. Dengan begitu, Anda sudah memertimbangkan baik-baik pilihan tersebut.