MA Sudah Kirim Putusan Kasasi PD Migas ke PN Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 985 K/Pdt/2022 telah dikirimkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1 A Khusus Bekasi. Sebelumnya, Radar Bekasi menghimpun informasi terkait dengan putusan ini, MA diketahui telah mengabulkan kasasi yang diajukan oleh Perusahaan Daerah Minyak dan Gas Bumi (PD Migas) Kota Bekasi, dengan termohon Foster Oil & Energy PTE.Ltd.

BUKTI PENGIRIMAN; Bukti elektronik pengiriman berkas dari Mahkamah Agung (MA) putusan kasasi yang mengabulkan permohonan PD Migas Kota Bekasi ke Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1 A Khusu Bekasi. DOK.MA/RADARBEKASI.ID

Putusan MA ini dibenarkan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Sobandi, dan putusan telah dikirim ke pengadilan pengaju, yakni PN Bekasi, tanggal 23 Juni 2022 yang lalu. Perkara perdata dengan klasifikasi wanprestasi tersebut telah diputus pada tanggal 7 April 2022, dengan keterangan amar putusan dikabulkan.


“Sudah dikirim ke PN Bekasi tanggal 23 Juni 2022,” kata Sobandi, Selasa (12/7).

Sebelumnya, baik Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi maupun PD Migas Kota Bekasi saat dikonfirmasi oleh Radar Bekasi, belum mengetahui dan menerima salinan putusan MA tersebut. Diketahui, bahwa hasil putusan ini akan berpengaruh pada nasib Kerja Sama Operasi (KSO) antara PD Migas Kota Bekasi dengan Foster Oil & Energy PTE.Ltd dalam operasional Sumur Gas Jati Negara (JNG) yang berada di kawasan Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi.


Dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jaya, Anggreany Haryani Putri menilai, bahwa sedianya pihak-pihak yang berperkara mendapatkan salinan putusan tersebut. Selain para pihak yang berperkara, putusan ini juga harus dipublish di website resmi MA.

“Semua pihak seharusnya mendapatkan salinan putusan MA itu,” ucapnya.

Para pihak sedianya sudah menerima salinan perkara dalam jangka waktu 30 hari sejak perkara diputus. Jika belum mendapatkan salinan putusan, maka masing-masing pihak bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan salinan putusan. (sur)