Tiga Wasit Bekasi Jalani Debut Liga 1

LOLOS: Dari kiri, Mardiyono, Nawan Apandi dan Lazi Yahya saat mengikuti penyegaran perangkat pertandingan di salah satu Hotel Jakarta, 18-21 Juli 2022.IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Setelah menjalani debutnya sebagai asisten wasit di Liga 2 musim lalu, tiga wasit asal Kota dan Kabupaten Bekasi kini berkesempatan menjadi pengadil lapangan di kompetisi kasta tertinggi yakni Liga 1 2022/2023.

Ya, mereka adalah dua wasit dari Kota Bekasi, Mardiyono dan Lazi Yahya.  Sementara satu lagi wasit asal Kabupaten Bekasi Nawan Apandi. Ketiganya terpilih sebagai asisten wasit (AW) Liga 1 setelah melewati sejumlah seleksi ketat.


”Alhamdulillah kita lolos tes Liga 1 Perwakilan Kota Bekasi dua orang, dan Kabupaten Bekasi satu orang,”ujar Mardiyono kepada Radar Bekasi, Kamis (20/7).

Untuk seleksi lanjut Dion sapaan akrabnya, berbeda saat dirinya mencoba peruntungan sebagai wasit Liga 2. Tentunya tes diakuinya lebih berat. ”Beda Liga 1 tahun ini pakai fitness test, yoyo test sampai tertinggi 16,3 level. Tahun lalu (Liga 2) pakai fitness test pakai lari internal,”tambah pria yang juga guru di SDIT Al Insan Islamic School Kota Bekasi ini.


Menjadi wasit kompetisi kasta tertinggi Liga 1 tentu bukan perkara mudah. Selain kerap menjadi sorotan, profesionalitas mereka diuji dan disaksikan jutaan pasang mata karena akan disiarkan secara langsung.

Diketahui, selain berprofesi sebagai wasit dengan tergabung di komite wasit Askot dan Askab PSSI Bekasi, ketiganya juga berprofesi sebagai guru. Lazi Yahya guru di SMPN 43 Kota Bekasi dan Nawan Apandi di SDN Wanasari 13 Cibitung Kabupaten  Bekasi. (one)