Dukungan CCEP Indonesia Melalui Langkah Pasti Maknai Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi Makin Berani

1. Manajemen Coca-Cola Europacific Partners Indonesia saat berkunjung ke Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi. CCEP Indonesia

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tahun 2022, berbagai lembaran baru mulai dibuka. Pandemi Covid-19 yang melanda negeri sejak awal tahun 2020 memasuki babak barunya. Meski belum berakhir, masyarakat sudah mulai bisa merasakan angin segar dari gerbang keluar menuju status endemi yang diprediksi akan mulai ditetapkan di penghujung tahun ini.

Berbagai aktivitas kemasyarakatan dan berbagai kegiatan di berbagai sektor kehidupan, mulai kembali bergeliat. Pembatasan-pembatasan di berbagai aspek kehidupan yang sempat dirasakan sepanjang masa pandemi ini, satu per satu mulai dilonggarkan. Masyarakat sudah mulai bisa melaksanakan beragam aktivitas. Pemulihan di berbagai sektor kehidupan yang sempat terguncang pandemi, saat ini juga terus berlangsung.


Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik kepada penggerak Desa Bestari CCEP Indonesia. CCEP Indonesia

 

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia), sebagai perusahaan minuman terkemuka yang telah hadir di negeri ini lebih dari 30 tahun yang lalu, turut ambil bagian dalam upaya-upaya pemulihan, terutama pada sektor perekonomian, melalui visi industri yang berkelanjutan. Berbagai langkah ditempuh untuk mendukung usaha seluruh elemen bangsa untuk bangkit dari keterpurukan yang terjadi selama pandemi.


Kondisi pandemi mengharuskan proses bisnis Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) berubah dan beradaptasi dengan cara hidup dan berbisnis yang baru. Penerapan protokol kesehatan secara konsisten dan dalam komitmen tinggi, diimplementasi secara baik guna menjaga keberlanjutan bisnis. Selain itu, berbagai langkah dilakukan perusahaan demi mendukung langkah pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian bangsa. Salah satunya melalui pelaksanaan program vaksinasi bagi pekerja dan keluarga.

Sebagai bagian dari pembangunan, perusahaan juga turut ambil bagian dalam proses pemulihan tatanan kehidupan. Melalui program-program keberlanjutan, CCEP Indonesia berusaha untuk melangkah maju bersama masyarakat, terutama yang ada di area operasional, salah satunya seperti yang dilaksanakan di area operasional Bekasi.

Kelola sampah anorganik di desa sekitar pabrik CCEP Indonesia di Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. CCEP Indonesia

 

Melalui dua pabrik utamanya di Kabupaten Bekasi, Pabrik Bekasi 1 dan Bekasi 2, CCEP Indonesia senantiasa melangkah maju bersama masyarakat melalui program keberlanjutan yang dititik beratkan pada program-program terkait lingkungan hidup dan juga pemberdayaan serta peningkatan kapasitas masyarakat.

Di sektor lingkungan hidup, perusahaan bersama dengan para pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Bekasi, berupaya menjawab persoalan-persoalan yang ada, antara lain terkait pengelolaan sampah. Melalui program sosialisasi dan edukasi pilah sampah, kegiatan bersih-bersih, hingga peningkatan upaya ekonomi sirkular melalui pengelolaan sampah terus digalakan.

Bersama dengan kelompok-kelompok masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang pengelolaan sampah, seperti Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi (BSB), perusahaan berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya melakukan aktivitas pilah sampah. Perusahaan juga mendukung penuh konsep pengelolaan sampah yang diusung oleh Forum BSB, sebagai bagian dari upaya bersama menjawab persoalan sampah yang selalu mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah, melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

Inisiatif yang dijalankan ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen dan upaya perusahaan dalam mencapai strategi ‘This is Forward’, suatu rencana aksi keberlanjutan dari grup perusahaan Coca-Cola Europacific Partners serta Sustainable Development Goals (SDGs) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk memastikan bahwa semua bentuk kemasan dapat terkumpul sehingga tidak menjadi sampah di lautan serta dapat didaur ulang dan digunakan kembali sebagai bagian dari ekonomi sirkular.

Budidaya tanaman lidah buaya untuk warga sekitar pabrik CCEP Indonesia di Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. CCEP Indonesia

 

Di aspek pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat, CCEP Indonesia bersama dengan masyarakat sekitar pabrik menggulirkan program pendampingan bertajuk Desa Bestari. Dalam pelaksanaannya, program kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan kelompok budidaya tanaman lidah buaya, pelatihan pengelolaan sampah organik sekaligus pemanfaatannya, serta pelatihan kewirausahaan berbasis olahan budidaya.

Langkah CCEP Indonesia dalam program pendampingan Desa Bestari tidak terlepas dari maksud dan tujuan dukungan terhadap program Pemerintah Kabupaten Bekasi. Melalui Dinas Koperasi dan UMKM, pemerintah bertujuan memberdayakan usaha-usaha kecil serta dukungan terhadap produk-produk lokal unggulan Kabupaten Bekasi.

Seluruh perwujudan komitmen yang dilakukan CCEP Indonesia tersebut memaknai Hari Ulang Tahun ke-72 Kabupaten Bekasi, yang jatuh di tanggal 15 Agustus 2022 ini. Memasuki usia barunya, Kabupaten Bekasi menapaki langkah barunya yang semakin meyakinkan. Senafas dengan tema ulang tahunnya kali ini, “Bekasi Makin Berani”, CCEP Indonesia berkomitmen mendukung segala langkah pemerintah yang semakin memantapkan kinerjanya dalam bekerja dan melayani.

Dirgahayu ke-72, Kabupaten Bekasi! (adv)