Setelah Rekayasa Lalin Jalan Perjuangan, Giliran Urai Kemacetan di Cipendawa

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Hasil evaluasi sepekan Rekayasa Lalu Lintas (Lalin) di Jalan Perjuangan beberapa waktu lalu dinilai berhasil mengurai kemacetan.


Berikutnya, rekayasa Lalin menyasar ruas Jalan Cipendawa Baru. Selain kepadatan, alasan berikutnya kerap terjadi pelanggaran Lalin di ruas jalan ini.

Masih ada 23 titik kemacetan lagi yang harus diurai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, tersebar di ruas-ruas jalan perkotaan. Solusi awal untuk menyelesaikan permasalahan Lalin ini adalah rekayasa seperti yang beberapa waktu lalu sudah di uji coba di Jalan Perjuangan.


“Tahap selanjutnya sudah kami rencanakan, akan dilakukan di Jalan Cipendawa Baru,” kata Kabid Lalin Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Teguh Indrianto.

Ruas jalan ini disasar lantaran Dishub kerap mendapat laporan melalui media sosial, sering kali pengguna jalan melawan arus, membahayakan keselamatan berkendara. Aksi melawan arus ini terutama kerap dijumpai pada pengguna kendaraan roda dua.

Rekayasa yang rencananya diberlakukan sama dengan yang telah dilakukan di Jalan Perjuangan, Contraflow. Pihaknya saat ini tengah memetakan, kemudian mengajukan rencana rekayasa kepada Plt walikota Bekasi.

Rekayasa ini berlangsung mulai dari ruas jalan setelah jembatan Cipendawa sampai dengan simpang Jagal, Perumahan Pondok Gede Permai (PGP).

“Dari pada melawan arus, kita coba tingkatkan keamanannya, ketertibannya, dengan melakukan kegiatan Contraflow. Mungkin juga akan dicoba di pagi hari dulu,” tambahnya.

Evaluasi uji coba sepekan rekayasa Lalin di Jalan Perjuangan sudah rampung, hasilnya rekayasa bisa dilanjutkan, dilaksanakan setiap hari kerja mulai pukul 06:00 WIB sampai pukul 08:00 WIB. Rata-rata dalam sepekan uji coba, arus Lalin sudah normal pada pukul 07:00 WIB, termasuk pada awal pekan, di hari Senin.

“Ketimbang kita bilang jam 7 tapi ada overtime ya malah membingungkan. Tetap dari jam 6 sampai jam 8, masalah nanti operasional Contraflow kita sesuaikan dengan kondisi Lalin di lapangan,” tukasnya. (sur)