Berita Bekasi Nomor Satu

Tunggu Hasil Uji Kelaikan

Foto udara Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang telah rampung pembangunannya di Tarumajaya Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pembukaan akses gerbang Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) Margajaya, masih menunggu Uji Laik Fungsi (ULF) dari pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Site Operational Manager Proyek Becakayu 2A Ujung PT Waskita Karya, Farid Askary menyampaikan terkait pelaksanaan Uji Laik Fungsi belum memiliki jadwal pasti, kemungkinan besar akan dilaksanakan pada bulan September 2022.

”Untuk jadwal pastinya kami belum mendapatkan, namun dipastikan pelaksanaannya akan dilaksanakan pada bulan September 2022 ini,” tuturnya.

Setelah proses ULF berjalan, pembukaan Gerbang Tol Margajaya direncanakan akan dilaksanakan pada bulan yang sama, September 2022. “Setelah ULF tadi pelaksanaan pembukaan Tol Margajaya sendiri direncanakan akan dibuka pada bulan yang sama yaitu pada bulan September 2022,” jelasnya.

Namun untuk jadwal pasti, pihak nya akan menunggu instruksi lebih lanjut dari pihak Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku owner proyek.

“Untuk jadwal pasti nya kami menunggu instruksi dari pihak KKDM selaku owner proyek,” ucapnya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kota Bekasi Arif Rahman Hakim menyampaikan, bahwa dibukanya Tol Becakayu, Margajaya membutuhkan kesiapan yang matang baik dari pihak tol dan juga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi.

“Itu pintu tol Margajaya membutuhkan rambu yang menjelaskan terkait perubahan jalur, agar masyarakat tidak rancu ketika tol tersebut benar-benar beroperasi,” terangnya.

Pihaknya memprediksi akan ada kenaikan volume kendaraan jika gerbang Tol Margajaya sudah diaktifkan penggunaanya. Sehingga butuh antisipasi yang cepat agar para pengguna dapat menggunakan fasilitas jalan tersebut dengan tertib.

“Sepertinya akan ada kenaikan volume pengendara jika tol tersebut mulai beroperasi. Dan ini harus dilakukan pembuatan rambu-rambu jalan dengan cepat, agar tidak menimbulkan kemacetan dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas karena volume pengendara yang tinggi tadi,” ucapnya.

Arif, juga berharap dengan dibukanya Gerbang Tol Margajaya dapat membantu mengurai kemacetan di Kota Bekasi. “Ada nya tol ini kan untuk mengurai kemacetan, jadi kita harap tol ini bisa beroperasi dengan maksimal. Didukung dengan fasilitas tambahan seperti rambu- rambu petunjuk jalan tadi,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin