BCA Hadirkan Bootcamp Gratis Bidang TIK

 

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui SYNRGY Academy, sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan non-formal BINAR, menyelenggaran pelatihan peningkatan kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dengan tujuan untuk mengembangkan dan menciptakan lebih banyak talenta digital.


SYNRGY Academy telah berhasil menjalankan program ini selama lima batch, termasuk juga dengan batch Grab yang memberikan beasiswa khusus untuk anak-anak driver Grab.

Batch kelima yang berlangsung pada Agustus 2022 hingga bulan Februari 2023 ini, disambut baik oleh masyarakat Indonesia, khususnya para pelajar yang termasuk mahasiswa dan siswa SMA/SMK maupun profesional/karyawan.


Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar meningkat pesat, yaitu sebanyak hampir 3.000 pendaftar yang kemudian diseleksi secara ketat untuk menjadi 129 peserta bootcamp.

Melalui program ini, BCA memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk mengikuti program bootcamp pada bidang IT, dengan kelas yang sesuai dengan minat masing-masing, seperti: Quality Insurance, Full-stack Web Javascript, UI/UX Design, Backend Engineering Java, Mobile Java, dan Cyber Security.

SYNRGY Academy hadir untuk membantu para talenta, agar dapat belajar dan berkesempatan untuk menganalisis permasalahan di masyarakat, serta mencari solusinya dengan project based learning dalam pembelajaran mereka, sehingga dapat dengan nyata mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung.

Co-founder BINAR, Seto Lareno, menuturkan bahwa pihaknya menyambut positif program BINAR, dan berkomitmen untuk mengembangkan talenta digital semaksimal mungkin. Kerja sama dengan BCA ini merupakan langkah positif dan harus didukung oleh semua pihak.

“Kami membuka ruang bagi pemerintah dan private sektor untuk melaksanakan program beasiswa bagi siapapun, agar talenta-talenta ini dapat mengembangkan skill mereka, dan membentuk individu yang berkarakter. Kurikulum BINAR yang dibentuk untuk program SYNRGY Academy ini, telah disertifikasi oleh Education Alliance Finland dan telah diadopsi oleh merek terkemuka dari berbagai industri,” ujar Seto dalam keterangan tertulis yang diterima radarbekasi.id.

Kata dia, dengan mengikuti program ini, para siswa yang tergabung diharapkan dapat mengambil banyak manfaat, untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran dan karir dikemudian hari.

Para siswa juga akan mendapat banyak keuntungan ketika mengikuti program SYNRGY batch kelima, antara lain pembelajaran langsung dengan fasilitator/mentor yang ahli di bidang pengembangan produk digital;  skill  yang sesuai dengan kebutuhan industri; model pembelajaran yang experiential learning; kurikulum terintegrasi; mendapatkan kelas intensif selama enam bulan; dan berkesempatan untuk bisa meningkatkan skill non-teknis melalui sesi workshop gratis.

Selain itu, terdapat keuntungan lainnya, yaitu mendapat kesempatan untuk untuk bekerja di Grup BCA, serta dibantu mendapat pekerjaan sebagai alumni bootcamp BINAR oleh Job Connect.

Adapun Senior Vice President IT BCA, Adi Prasetyo Susilo berharap, agar pelaksanaan program ini berjalan lancar dan bisa bermanfaat bagi para siswa yang tergabung. Selain itu, dengan adanya program beasiswa ini, dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja terampil bidang teknologi di Indonesia, salah satunya melalui SYNRGY Academy.

BCA ingin memberikan kesempatan yang sama untuk masyarakat Indonesia khususnya lulusan SMA/K dan mahasiswa yang ingin terjun ke bidang IT.

“Melalui program ini, BCA berharap para peserta dapat menerapkan model pembelajaran yang didapatkan untuk menciptakan dan menumbuhkan kemampuan yang dimiliki, agar menjadi talenta digital kebanggaan Indonesia di waktu yang akan datang,” imbuh Adi. (bis)