5 Manfaat Air Alkali untuk Tubuh

Radarbekasi.id – Air alkali dipercaya dapat menstabilkan kadar pH dalam tubuh.  Air alkali populer karena di sebut-sebut mengandung tingkat pH yang tinggi dibandingkan dengan air biasa, dan di klaim memiliki manfaat bagi tubuh. Jika air biasa memiliki kadar pH netral 7, air alkali mengandung kadar pH 8 atau 9. Air alkali juga di yakini dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

Air alkali pada awalnya didapat secara alami. Namun kini ada beberapa beberapa produsen minuman kemasan yang memproduksi air alkali. Air alkali alami didapat langsung dari sumber mata air  melewati bebatuan menyerap mineral, sehingga meningkatkan pH. Sedangkan air alkali kemasan diolah melaui mesin ioner yang memiliki fungsi meningkatkan pH pada air biasa. Berikut ini Radar Bekasi telah merangkum 5 Manfaat  air alkali untuk tubuh. Yuk R-Netz kita simak.


1. Menetralkan Kelebihan asam dalam Tubuh

Manfaat air alkali yang pertama adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Jika R-Netz sering sakit kepala, mual, karna dehidrasi, kandungan pH basa ini bisa membantu menetralisir kelebihan asan dalam tubuh, loh.

Sebuah studi dari Journal of The International Society of Sport Nutrition pada tahun 2010 berhasil membukatikan sebuah penelitian  yang melibatkan 38 peserta yang di bagi menjadi 2 kelompok, yaitu uang meminum air alkali dan yang meminum air putih biasa. Para ahli mengambil sampel darah sebanyak 3 kali seminggu untuk di ukur kadar asam-basanya. Dan terbukti orang yang meminum air alkali memiliki kadar asam-basa yang lebih seimbang dibanding orang yang meminum air putih biasa,


2. Membantu mengendalikan Hipertensi dan Diabetes

Selain menetralkan asam dalam tubuh, Para ahli asal Shanghai mengungkapkan air alkali juga dapat membantu mengendalikan kadar gula dan tekanan darah bagi penderita penyakit ini. Hasil penelitian ini telah di terbitkan oleh Shanghai Journal of Preventive Medicine pada tahun 2010.

Penelitian tersebut  melibatkan 3 kelompok penderita penderita, Hipertensi, Diabetes, dan Kolestrol. Semua peserta diminta mengkonsumsi air alkali selama 3-6 bulan dan dilihat perkembangannya.

Hasilnya cukup memuaskan setelah rutin minum air alkali kadar gula darah, tekanan darah, dan lemak jahat (lipid) menurun secara drastis.

3. Menjaga Hidrasi Tubuh

Menurut studi dalam Journal of the International Society of sport tahun 2016, tingkat kekentalan darah pada orang yang meminum air alkali kekentalan darah cenderung menurun 6,3% dibandin orang yang meminum air putih biasa.

Itu memiliki arti bahwa orang yang meminum air dengan pH basa atau pH 8+ memiliki darah lebih cair dibanding orang yang meminum air putih biasa. Darah kental berarti tidak mengandung cukup air. Semakin  kental darah seseorang, semakin lambat juga aliran darah bergerak.

4. Menjaga kesehatan tulang

Siapa yang menyangka minum air alkali bisa menjaga kesehatan tulang? Hal ini diungkap oleh studi dalam jurnal Bone 2009 yang menemukan efek air alkali dengan resorpsi tulang.

Resorpsi tulang yaitu proses pemecahan sel-sel tulang yang lama menjadi sel-sel tulang yang baru. Semakin sedikit pemecahan sel-sel tulang yang terjadi, ditambah lagi dengan kepadatan mineral yang banyak maka tulang justru akan semakin kuat dan sehat.

Akan tetapi meski begitu bukan berarti air minum alkali bisa mencegah osteoporosis, ya. Para ahli masih menganalisis studi lebih lanjut mengenai hal ini.

5. Dapat menjaga kesehatan Kulit

Sempat viral di media sosial bahwa air alkali dapat dijadikan sebagai toner wajah. Air alkali mengandung antioksidan yang tinggi dan pH air 8 sampai 9, hal ini dapat membuat kulit menjadi sehat sehingga menimbulkan manfaat seperti awet muda, tidak kusam, dan terlihat segar. Selain untuk kesehatan wajah air alkali memiliki manfaat lainnya seperti mengatasi gangguan kulit seperti alergi, gatal-gatal, eksim, dhermatitis. Dapat juga menyembuhkan luka serta dapat menghaluskan tekstur kulit. (Melleni Syafa)