Berita Bekasi Nomor Satu

Kuliah Sambil Berwirausaha

Zulfi Faradila

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seolah tak pernah merasa puas, anak muda milenial selalu punya cara untuk berkarya. Mulai dari sekadar hobi untuk mengisi waktu luang, hingga untuk mencari uang. Tak terkecuali Zulfi Faradila.

Mahasiswa semester V jurusan Akuntansi di Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi ini merupakan salah satu dari banyaknya anak muda penuh karya yang memilih untuk wirausaha. Gadis yang biasa disapa Zulfi ini memutuskan untuk berwirausaha dengan berjualan keripik singkong beraneka rasa di lingkungan kampusnya.

Berawal dari keharusannya berjualan demi memenuhi nilai salah satu mata kuliah di kampusnya, kini kegiatan tersebut malah membawa banyak manfaat untuknya.

“Kegiatan ini seru banget, apalagi pas tahu produknya banyak yang suka dan banyak yang beli, senang produknya bisa diterima dan dikenal masyarakat. Selain itu, keuntungan dari pendapatan penjualan juga bisa dibilang lumayan,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan usahanya, Zulfi menggunakan sistem penjualan serta pemasaran dengan berbekal kemampuan yang didapatkan selama perkuliahan.

Sistem penjualan yang dilakukan oleh Zulfi adalah dengan menawarkan secara langsung maupun tidak langsung atau melalui media sosial. Secara langsung tentu saja dilakukan dengan cara membuka stan di kampus dan sebagainya.

Selain itu sistem pemasarannya pun sudah pasti menggunakan strategi direct selling atau menawarkan produk secara langsung kepada konsumen dengan membagikan brosur ataupun tester produk secara cuma-cuma.

Dalam menjalankan usaha, ia menghadapi beberapa kendala. Mulai dari penjualan, pemasaran, dan bahkan kendala pribadi salah satunya mengatur waktu antara berjualan dan perkuliahan. Namun, ternyata produk yang dipasarkan secara langsung dan daring ini ternyata dapat laku terjual di pasaran.

“Kesulitan yang ada itu adalah dalam menarik perhatian pembeli, karena sebelumnya memang belum melakukan riset pasar dan belum memahami secara detail target pasar yang akan dituju,” keluh Zulfi.

Terakhir, Zulfi merasa bahwa kegiatan berwirausaha ini sangat bermanfaat baginya dalam melatih kemampuan berniaga sebagai mahasiswa ekonomi, melatih kesabaran, hingga melatih diri agar bisa menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada. (mg1)

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin