Hujan Deras Kelurahan Jatirangga Longsor

Longsor di Airlangga, Jatisampurna menimpa 2 rumah, Kamis (13/10).

 

RADARBEKASI.ID, JATISAMPURNA – Hujan deras di setiap angin kencang dan petir, menyebabkan sejumlah pohon bambu yang menjulang tinggi tumbang dan terbawa longsor, Kamis (13/10).


Akibat longsoran itu, dua rumah warga di Perumahan Betawi Permai RT 004 RW 014, Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna.

Sejumlah petugas baik dari BPBD, Damkar, PLN, DBMSDA, LH dan aparatur kecamatan dan kelurahan, bahu-membahu melakukan evakuasi tahan longsor dan pohon tumbang.


Saat dikonfirmasi Lurah Jatirangga, Ahmad Affandi mengatakan, kejadian bermula pasca hujan yang cukup deras mengguyur wilayah Jatirangga dan sekitarnya pada Kamis sekitar pukul 13.45 WIB.

Kabar tersebut didapat dari salah seorang warga yang mengirimkan foto peristiwa longsor tersebut. Dirinya langsung bergerak ke tempat lokasi kejadian (TKP) dan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait, guna melakukan evakuasi.

“Kita langsung koordinasi juga dengan dinas terkait BMSDA, BPBD, BPBD dan LH untuk membantu. PLN juga ikut bantu, karena ada kabel-kabel yang terkena bambu, kan bahaya, jadi kita minta untuk listrik dipadamkan saat malam evakuasi,” kata Affandi saat dihubungi, Jumat (14/10).

Afandi menjelaskan, dua rumah terkena longsor. Satu rumah kosong, dan satunya rumah lagi ada penghuninya sempat terjebak di dalam. Dan sudah dievakuasi oleh petugas yang datang ke lokasi. Dari kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya saja ada kerugian.

“Alhamdulillah, semalam warga yang rumahnya Terkena longsor itu sudah dievakuasi. Namun, tidak ada korban jiwa, hanya saja ada kerugian. Satu mobil, dan satu motor tertimpa pohon bambu,” ucapnya.

Selain itu, Affandi juga mengungkapkan, peristiwa longsor ini sudah kali kedua terjadi. Sebelumnya antara tahun 2018-2019, pernah terjadi hal serupa.

Jadi memang lokasi perumahan itu di bawah, dan bambu-bambu itu lebih tinggi.

“Hingga saat ini petugas gabungan yang ada masih melakukan pengangkatan. Baik tanah dan kayu bambunya yang terkena longsor,” ungkapnya. (pay)