Lima Tahanan Kabur di Polsek Jatiasih Berhasil Ditangkap Lagi, Nasib Kapolsek di Ujung Tanduk

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki mengungkap penangkapan lima tahanan kabur di Polsek Jatiasih dan nasib personel Polsek Jatiasih diminta pertanggungjawabannya.

 

RADARBEKASI.ID, MEDANSATRIA – Lima dari tujuh tahanan kabur di Polsek Jatiasih, diklaim aparat kepolisian telah berhasil ditangkap kembali.


Kepolisian mengaku mengerahkan sumber daya untuk menangkap kembali mereka. Hasilnya, pencarian yang dilakukan sejak Kamis 14 Oktober hingga Sabtu 15 Oktober, lima tahanan yang sudah berhasil ditangkap lagi.

“Alhamdulilah, dari hari Kamis, sampai pada siang tadi atau sore sudah kita tangkap kembali sebanyak 5 orang tahanan tersebut,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, saat dihubungi awak media, Minggu (16/10).


Kelima tahanan yang berhasil diamankan itu kemudian ditahan di Polres Metro Bekasi Kota. Dari tujuh tahanan yang kabur itu, dua tahanan kasus curanmor dan lima lainnya kasus narkoba.

“Para tahanan itu diamankan oleh petugas di beberapa wilayah, yaitu Sunter – Jakarta Utara, Kosambi – Tangerang dan Karawang,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, tujuh tahanan yang kabur dari tahanan Polsek Jatiasih dengan cara menjebol tembok tahanan menggunakan sendok dan besi.

Mereka semua kabur melalui lubang dengan diameter sekitar 40 sentimeter yang terhubung langsung ke makam di belakang Polsek.

Sementara atas kejadian itu, Propam Polres Metro Bekasi Kota akan segera periksa petugas piket.

“Pasti ada petugas yang diduga melakukan kelalaian, akan kami tindak tegas, terutama yang piket yang bertanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan tahanan yang ada di Polsek Jatiasih,” jelasnya.

Selain itu, pejabat yang berwenang di Polsek Jatiasih juga akan mendapat sanksi tegas. Dan terhadap personil yang melakukan pelanggaran terhadap tanggung jawabnya, akan dilakukan proses pelanggaran disiplin sesuai dengan peraturan yang berlaku di Polri.

“Sementara itu, akan ada sanksi tambahan menunggu bagi para tahanan yang melarikan diri itu. Kita lakukan pemeriksaan kembali, dan ini akan menambah berat kepada yang bersangkutan dan itu akan kita tuangkan dalam berita acara pemeriksaan tersangka,” imbuhnya.

Mapolsek Jatiasih saat ini menggunakan kantor Polsubsektor Komsen yang tidak didesain untuk menampung tahanan. Sedangkan Kantor Polsek Jatiasih sendri masih dalam tahap pembangunan.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini segera selesai dan bisa digunakan menunggu Polsek yang baru,” ungkapnya. (pay)