SMAIT Nurul Fajri Goes To Pare N Brawijaya University

M Shalahuddin - Dewan Guru SIT Nurul Fajri

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sabtu sore 15 oktober 2022, dengan menggunakan kereta api dari stasiun Bekasi kami melakukan perjalanan menuju kampung inggris di Pare Kediri mengunjungi para siswa kelas 9 dan 12 yang sudah dua pekan disana. Kegiatan ini selama pandemi covid 19 sempat terhenti. Ke Pare adalah Agenda rutin setiap tahun siswa kelas 12 SMAIT Nurul Fajri melaksanakan pembelajaran Bahasa inggris serta kunjungan study campus di Universitas Brawaijaya Malang, kegiatan ini dilaksanakan selama dua pekan mulai tanggal 5-18 oktober 2022.

Menuju era kehidupan normal setelah 2 tahun pandemi covid 19 pare kampung inggris sudah pulih kembali dengan program-program kegiatanya. Pare Kampung Inggris merupakan sebuah tempat yang cukup terkenal di Indonesia terdapat banyak lembaga kursus Bahasa Inggris di dalamnya. Kampung Inggris terletak di Desa Pelem dan Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur, menariknya Kampung Inggris selalu di penuhi pendatang dari berbagai daerah dengan tujuan pada umumnya belajar Bahasa Inggris dan melihat budaya yang ada di Pare. Komunikasi lintas budaya di Kampung Inggris yang terjadi antara siswa/pendatang dengan masyarakat Pare, tergambarkan dengan komunikasi aktif interaksi sosial di antara siswa/pendatang dengan masyarakat Pare sebagai partisipan komunikasi penuh keramahan, keakraban, dan saling menghormati antara satu sama lain saling interaksi dengan berbahasa inggris.


Tujuan utama siswa SMAIT Nurul Fajri ke Pare adalah memberikan pelajaran hidup serta kemandirian dan motivasi tentang sangat pentingnya menguasai percakapan Bahasa Inggris mulai sejak dini, karena hal tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat luas dan besar dalam perjalanan karier masa depan peserta didik. Kampung Inggris Pare memang sudah terkenal dengan rekam jejaknya sebagai pencetak generasi ‘berlidah British’. Artinya, setiap siswa setelah mengambil kursus bahasa Inggris di pare, mayoritas langsung mahir dalam berbahasa Inggris.

Terdapat dua hal penting yang patut disoroti kenapa Kampung Inggris di Pare sukses mencetak orang mahir berbahasa Inggris. Yang pertama adalah soal metode pengajaran bahasa Inggris yang digunakan. Yang kedua adalah lingkungan yang mendukung. Sehingga orang yang datang belajar ke tempat tersebut secara otomatis akan masuk dalam sebuah komunitas pembelajar bahasa Inggris. Beruntung sekali bagi kita yang hidup di tengah perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Sebab kita bisa belajar bahasa Inggris lebih mudah.


Para siswa bisa saja belajar bahasa Inggris secara otodidak menggunakan aplikasi atau program-program di ponsel pintarnya. Namun hal itu tak akan menjamin keberhasilan peserta didik dalam belajar bahasa Inggris. Kenapa? Sebab, meskipun secara teori paham apa yang dipelajari, namun tidak mendapat dukungan dari lingkungan belajar atau berada dalam komunitas aktif pembelajar bahasa Inggris. Dan faktor lingkungan ini sangat penting dalam belajar bahasa.

Dua pekan di Pare para siswa kelas 9 dan 12 berkesempatan melakukan kegiatan studi kampus di Universitas Brawijaya Malang. Dunia kampus diperkenalkan kepada peserta didik sejak kelas 12 agar para siswa mempunyai wawasan serta kesiapan memasuki kehidupan kampus/dunia perkuliahan, Selain itu, mereka akan mempunyai gambaran yang jelas tentang jurusan dan kampus yang dipilih setelah lulus. Studi kampus sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi pembelajaran perkuliahan di perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan studi kampus dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peserta didik sehingga siswa lebih siap masuk di perguruan tinggi setelah lulus di SMAIT Nurul Fajri.

Setiap kota atau provinsi di Indonesia memiliki universitas ternama yang bisa menjadi lokasi tujuan kegiatan studi kampus. Universitas Brawijaya Malang menjadi tujuan kampus yang kami kunjungi, karena beberapa siswa ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Brawijaya. Kegiatan pertemuan dan penyembutan di Unbraw bertempat di Gedung Samantha Krida, Pertemuan diawali pembukaan seremonial penjelasan dari tim Humas rektorat unbraw serta pemaparan tentang profil kampus Unbraw secara lengkap, penjelasan teknis sitem jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Unbraw dengan sistem terbaru yang sudah disampaikan oleh Kemendikbudristekdikti, serta penjelasan mengenai syarat-syarat masuk di Unbraw dan sistem perkuliahan.

Mewakili pihak sekolah kami menyampaikan ; bahwa kami sangat berterima kasih dan senang bisa diterima/diberikan kesempatan mengunjungi kampus Universitas Brawijaya dan berharap bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih banyak, menyampaikan pemaparan Visi Misi sekolah, keunggulan dan prestasi yang sudah dicapai, serta menyampaikan harapan adanya kesempatan yang diberikan kepada siswa kelas XII SMAIT Nurul Fajri bisa lulus seleksi diterima kuliah di Universitas Brawijaya Malang. Di akhir acara dilakukan diskusi tanya jawab serta sesi foto bersama. Universitas Brawijaya kampusnya keren, inspiratif, lingkunganya asri, adem dan sejuk, masjidnya Raden Fatah sangat indah dan megah.

Yuuuuu …. Sekolah di SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat. Test PPDB akan dilaksanakan sabtu, 10 Desember 2022. Yayasan Al-Hijrah Nurul Fajri memberikan diskon spesial 75% uang bangunan bagi calon siswa baru SMAIT Nurul Fajri, serta diskon khusus 100% bagi siswa berprestasi. Mari bergabung Bersama kami di SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat. Sekolah Unggulan dan Berprestasi siap menjadi mitra terbaik keluarga untuk mendidik Generasi Rabbani yang unggul, kuat, dan berakhlakuk karimah.

Wallahu A’lam Bi Ash-Shawab.