Berita Bekasi Nomor Satu

Kenali kepribadian menurut MBTI

Radarbekasi.id – Pasti E-Netz pernah mendengar kalimat seperti itu, bukan?. Sebagai genZ percakapan seperti ini pasti sudah tidak asing lagi dengan tipe kepribadian psikologi. Tipe kepribadian psikologi biasa dikenal dengan karakter ini. Nah, tes kepribadian yang paling populer dan gampang untuk di akses adalah tes MBTI. Kali ini Radar Bekasi telah merangkum penjelasan tentang MBTI. Yang manakah tipe MBTI E-Netz.

Apakah arti dari MBTI?

Myers Briggs Type Indicator atau biasa disingkat menjadi MBTI adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya tentang penilaian seseorang terhadap pengambilan keputusan. Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti tes secara online setiap tahun.
MBTI lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. Carl Gustav Jung menjelaskan bahwa kepribadian ini dibagi menjadi 4 dimensi sifat dasar manusia, terdiri dari Ekstrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Instuition (N), dimensi yang menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thingking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P). Dari 4 dimensi sifat tersebut dikombinasikan dan menghasilkan 16 kepribadian menurut tes MBTI tersebut.

1. ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)
Sosok ENFJ dikenal sebagai pengajar dan pemberi. Orang dengan kepribadian ini melihat potensi pada orang lain dan ingin membantunya dalam mencapai suatu hal yang terbaik. Sebagai pendengar yang baik pula ENFJ senang menghargai pertimbangan pribadi dirinya dan orang lain. Mereka juga memiliki jaringan perkenalan yang luas dan dapat menjadi pemimpin yang baik.

2. ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)
Sosok ENFP selalu menghargai orang lain. Orang dengan tipe kepribadian ENFP tergolong sosok yang memiliki mental juara dan kreatif. Mereka juga disebut sebagai juru kampanye. ENFP selalu melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh kemungkinan. Sosok ini cenderung menyukai hal-hal abstrak dan lebih mementingkan pertimbangan pribadi daripada logika. Mengapa? Karena ENFP adalah jiwa bebas sejati.

3. ENTJ (Extraverted, Intuitive, Thingking, Judging)
Tipe ENTJ dikenal sebagai sosok panglima dan pelaksana. Ia memiliki hubungan dan jaringan yang luas dengan siapapun. ENTJ juga dikenal sebagai orang yang suka berterus terang. Penuh akan motivasi hidup, ENTJ selalu semangat ketika mencoba meraih tujuan.

4. ENTP (Extraverted, Intuitive, Thingking, Perceiving)
Dikenal sebagai sosok yang blak-blakan, ENTP juga dikenal sebagai orang yang visioner dan penemu. ENTP juga kerap dikenal sebagai sosok yang cepat, siaga, berbakat dan telaten. Karena sikapnya yang selalu siaga ENTP cocok dengan profesi diplomat, pengacara, programmer dan ilmuwan.

5. EFSJ ( Extraverted, Sensing, Feeling, Judging)
Memiliki banyak teman membuat sosok EFSJ menjadi sosok yang bersahabat. ESFJ juga dikenal sebagai sosok pengasuh dan pemberi. EFSJ adalah sosok yang senang mendukung orang lain. Sosok ini juga tipe yang yidak menyukai konflik.

6. ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)
Ciri-ciri dari ESFP adalah sosok yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. ESFP juga dikenal sebagai peformers atau penghibur.sosok ini akan spontan dalam melakukan hal yang ia senangi.

7. ESTP (Extraverted, Sensing, Thingking, Preceiving)
ESTP adalah tipe yang berorientasi pada tindakan. Kadang, ESTP bisa menjadi sosok yang sembrono di beberapa waktu. Pribadi tipe ini adalah pribadi yang menyenangkan dalam hubungan asmara.

8. ESTJ (Extrauverd, Sensing, Thingking, Judging)
ESTJ adalah sosok yang eksekutif. Apa itu esksekutif?, eksekutif adalah sosok yang mewakili tradisi dan tatanan sosial masyarakat. Sosok ini kerap kali diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat.

9. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)
Sosok yang dikenal idealis ini sangat pendiam. INFJ juga merupakan sosok yang lembut dan sangat berpegang teguh pada hal-hal yang ia yakini. Sosok ini juga sering disebut-sebut sebagai pelindung, selain itu INFJ juga memiliki kemauan keras dan mudah dalam menciptakan keseimbangan kehidupan. Sayang nya keyakinan yang kuat membuat sosok ini menjadi perfeksionis.

10. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Preceiving)
INFP memiliki kepribdian mediator. Ia senang mencari celah kebaikan disetiap kesempatan atau bahkan disetiap hal-hal buruk. Meskipun sosok ini terkenal pendiam dan sering dikenal tidak ramah, INFP memiliki semangat yang membara di dada dan sikap peduli terhadap orang lain.

11. INTJ (Introverted, Intuitive, Thingking, Judging)
INTJ adalah sosok yang pemikir. Hal itu menjadikan sosok tipe ini menjadi sosok yang kreatif, imajinatif, dan sangat strategis untuk semua tujuannya.

12. INTP (Introverted, Intuitive, Thingking, Perceiving)
Sama dengan tipe sebelumnya, INTP juga sosok yang pemikir. Hal itu membuat INTP menjadi sosok yang penuh akan ide di kepalanya. Dari luar INTP terlihat sebagai sosok yang arogan, namun INTP akan sangat ramah dengan sosok yang mereka kenali atau orang yang memiliki ketertarikan sama. Sosok ini mencintai hal-hal yang berbau buku.

13. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)
Sosok ini memiliki empati yang tinggi. Selain empati ISFJ sangat hati-hati dan pendiam. Meskipun begitu sosok ISFJ dapat menjalin komunikasi dan hubungan sosial yang baik. Kepribadian ISFJ adalah pembela.

14. ISFP (Intoverted, Sensing, Feeling, Perceiving)
Sebagai sosok yang terkenal memiliki jiwa bebas membuat ISFP dikenal sebagai tipe kepribadian petualang. ISFP merupakan sosok seniman yang mengendapkan estetika. Ia senang dengan kehidupan yang penuh warna.

15. ISTJ (Introverted, Sensing, Thingking, Judging)
ISTJ adalah tipe yang dianggap paling banyak jumlahnya, sekitar 13%. Jiwa yang dimiliki sosok ini dikenal tak kenal lelah dalam mengerjakan tugas dan sangat terstruktur, selain itu sosok ini juga sosok yang suka menggambil tanggung jawab, serta bangga dengan apa yang mereka kerjakan.

16. ISTP (Introverted, Sensing, Thingking, Perceiving)
Tipe yang terakhir ada ISTP. Sosok ini merupakan sosok yang toleran, fleksibel, dan bertindak cepat untuk menemukan solusi terbaik. ISTP adalah sosok yang sangat rasional. Mereka juga dikenal sebagai kepribadian mekanik, sehingga mereka senang mengeksplorasi dari satu proyek ke proyek lain dengan tangan mereka sendiri. (Melleni Syafa)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin